Kamis 16 Feb 2023 09:30 WIB

7 Fakta Angka dari Kemenangan Dortmund Atas Chelsea

Chelsea hanya bisa memetik satu kemenangan dari delapan laga terakhir.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Borussia Dortmund Karim Adeyemi saat menaklukkan Kepa untuk menjebol gawang Chelsea dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Penyerang Borussia Dortmund Karim Adeyemi saat menaklukkan Kepa untuk menjebol gawang Chelsea dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Keberhasilan membungkam Chelsea 1-0 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB, menjadi torehan sejarah tersendiri buat Borussia Dortmund. Salah satunya adalah keberhasilan Dortmund mengakhiri penantian untuk bisa meraih kemenangan atas wakil Inggris di Liga Champions.

Dalam laga yang digelar di Stadion Signal Iduna Park tersebut, Dortmund sukses membungkam The Blues via gol semata wayang Karim Adeyemi pada menit ke-63. 

Baca Juga

Ini tercatat menjadi kemenangan pertama Dortmund atas wakil Inggris dalam 11 kesempatan terakhir berduel di pentas Liga Champions. Selama periode tersebut, Dortmund menelan delapan kekalahan dan dua hasil imbang.

Namun, ini bukan satu-satunya data statistik dan fakta yang tercipta pasca-kemenangan Dortmund atas Chelsea tersebut. Berikut tujuh fakta angka dari kemenangan Dortmund atas Chelsea, berdasarkan lansiran laman resmi UEFA:

Dengan kemenangan ini, Dortmund tercatat berhasil meraih kemenangan di tujuh laga terakhir di semua ajang setelah pergantian tahun. 

8 

Di sisi lain, Chelsea hanya bisa memetik satu kemenangan dari delapan laga terakhir di semua ajang setelah pergantian tahun, dengan torehan empat hasil imbang dan empat kekalahan.

1 

Ini menjadi pertemuan pertama antara kedua tim di sebuah kompetisi resmi.

Sebelum kemenangan ini, Dortmund menelan enam kekalahan di delapan kesempatan terakhir tampil di babak gugur Liga Champions.

1

Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama Dortmund usai menelan delapan kekalahan dan dua hasil imbang dalam 11 pertemuan terakhir kontra tim kontestan Liga Primer Inggris.

2 

Untuk kedua kalinya dalam 15 laga terakhir di pentas Liga Champions, Chelsea gagal mencetak gol.

7 

Penjaga gawang Borussia Dortmund, Gregor Kobel, mengemas tujuh penyelamatan di laga ini. Catatan ini menjadi jumlah penyelamatan terbanyak kiper asal Swiss itu sepanjang kiprah di Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement