Kamis 16 Feb 2023 19:40 WIB

Jelang Vs MU, Xavi Sanjung Habis Performa Impresif Marcus Rashford

Xavi menilai Rashford punya kelebihan yang dapat menghadirkan ancaman di Barca.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez bicara soal performa mengilap Marcus Rashford dalam kebangkitan Manchester United (MU) pada paruh kedua musim 2022/2023. Xavi pun tidak segan untuk melempar pujian terhadap penyerang asli produk akademi MU tersebut.

"Dia salah satu pemain depan berbahaya di Eropa dan sangat cepat dalam menggiring bola satu lawan satu," kata Xavi dilansir Manchester Evening, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga

Entrenador asal Spanyol ditanya perihal rencana Los Blaugrana menghentikan pergerakan Rashford pada pertemuan leg pertama play-off 16 besar Liga Europa di Estadio Camp Nou, Jumat (17/2023) dini hari WIB nanti.

Sementara Xavi menilai Rashford memiliki kelebihan yang dapat menghadirkan ancaman di setiap lini belakang lawan. Transisi MU dikatakan Xavi sangat bergantung pada kecepatan Rashford. "Dalam transisi serangan balik Rashford sangat berbahaya. Kita perlu menjaga semua area, terutama pergerakannya," sambung dia.

Rashford telah mencetak 21 gol dan enam assist untuk Manchester United musim ini. Dirinya menjadi mesin gol bagi pelatih MU Erik ten Hag.

Meski mampu mengisi spot yang dibutuhkan di lini serang untuk Iblis Merah. Perannya di bawah asuhan Ten Hag lebih sering berada di sayap kiri.

Ancaman menyerang sering kali bergantung pada Rashford untuk memuluskan skema serangan balik yang jadi andalan MU.

Menariknya, Rashford kali ini bakal berhadapan dengan tembok kokoh Barcelona. Klub La Liga Spanyol itu tercatat paling sedikit kebobolan di panggung lima liga top Eropa.

Kiper Marc-Andre ter Stegen diklaim sebagai dalang dari sulitnya para lawan mencetak gol ke gawang Barcelona. Ini akan menjadi pertemuan ke-14 Barca dengan MU di kompetisi Eropa. Secara head to head, tim Katalan masih unggul dengan catatan enam kemenangan, MU baru menang tiga kali.

Perjumpaan terakhir Barcelona dengan MU terjadi di Camp Nou pada ajang Liga Champions. Los Cules menang 3-0 lewat brace Lionel Messi dan satu gol Philippe Coutinho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement