Ahad 26 Mar 2023 17:26 WIB

Sempat Alami Gejala Flu, De Ligt dan Verbruggen Kembali Perkuat Timnas Belanda

Belanda akan menjamu Gibraltar dalam laga Grup B kualifikasi Euro 2024.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Matthijs de Ligt dari Belanda siap beraksi di kualifikai Euro 2024 melawan Gibraltar.
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Matthijs de Ligt dari Belanda siap beraksi di kualifikai Euro 2024 melawan Gibraltar.

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Timnas Belanda mendapatkan suntikan dua tenaga baru jelang lawatan Gibraltar ke Stadion De Kuip, Rotterdam, pada laga kedua Grup B kualifikasi Euro 2024, Selasa (28/3/2023) dini hari WIB. Matthjis de Ligt dan Bart Verbruggen kembali ke dalam skuad Oranje.

Dua pemain tersebut terpaksa absen saat Belanda dibekap Prancis 0-4 pada laga pembuka penyisihan Grup C, Jumat (24/3/2023) waktu setempat. Sehari sebelum laga tersebut, De Ligt dan Verbruggen meninggalkan pemusatan latihan timnas Belanda lantaran didiagnosis mengalami gejala flu dan terinfeksi virus.

Baca Juga

''Dua pemain tersebut telah pulih dan sudah bisa dipilih untuk bisa melakoni laga kualifikasi Piala Eropa 2024 berikutnya, tepatnya saat menjamu Gibraltar di Rotterdam,'' tulis laporan Reuters, Ahad (26/3/2023).

Kembalinya De Ligt menjadi angin segar buat pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman. Maklum, bek tengah Bayern Muenchen itu merupakan salah satu pemain andalan dalam menjaga jantung pertahanan tim Oranje. Di laga kontra Prancis, posisi yang bisa ditempati De Ligt digantikan oleh Lutsharel Geertruida. Dalam laga debut bersama Oranje tersebut, Geertruida menjadi tandem Virgil van Dijk.

Sementara De Ligt adalah salah satu pilihan utama di lini belakang timnas Belanda, Burt Verbruggen merupakan penjaga gawang yang baru mendapatkan panggilan memperkuat timnas Belanda. Setelah sempat memperkuat tim Belanda U-18 pada 2019, kiper berusia 20 tahun itu akhirnya dipercaya tampil bersama tim senior.

Sebenarnya, selain De Ligt dan Verbruggen, tiga pemain lain juga sempat meninggalkan pemusatan latihan timnas Belanda dengan alasan yang sama. Namun, hingga kini, Sven Botman, Cody Gakpo, Joey Veerman dilaporkan belum kembali ke pemusatan latihan tim Oranje.

Kendati menyambut kembali De Ligt dan Verbrugen, timnas Belanda justru kehilangan dua pemain lain. Geertruida harus meninggalkan tim besutan Ronald Koeman itu lantaran mengalami cedera hamstring di laga kontra Prancis. Tidak hanya itu, Stefan de Vrij juga kembali ke Italia lantaran harus menemani pasangannya yang tengah melahirkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement