Kamis 30 Mar 2023 19:10 WIB

Gagal Tampil di Piala Dunia U-20, Bagaimana Nasib Tiga Pemain Naturalisasi?

Tadinya, tiga pemain ini akan digunakan di Piala Dunia U-20.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Waketum PSSI Zainudin Amali saat menemui Timnas Indonesia U-20 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (30/3/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Waketum PSSI Zainudin Amali saat menemui Timnas Indonesia U-20 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (30/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 dipastikan gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia untuk ajang tersebut. Kabar tersebut membuat semua persiapan yang sudah dilakukan oleh sejumlah pihak menjadi ini sia-sia.

Waketum PSSI Zainudin Amali mengatakan banyak persiapan yang sudah dilakukan untuk menyelenggarakan event ini mulai dari infrastruktur hingga mempersiapkan skuad Timnas Indonesia U-20. Dan salah satu yang menjadi sorotan adalah bagaimana nasib tiga pemain naturalisasi Indonesia?

Baca Juga

PSSI sebelumnya telah melakukan proses naturalisasi kepada tiga pemain asing yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20. Mereka adalah Justin Hubner, Rafael Stuick, dan Ivar Jenner. Proses naturalisasi ketiganya sudah mendapat persetujuan DPR. Tinggal beberapa langkah lagi sebelum mereka mengambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun, ketika proses naturalisasi mereka hampir selesai, Indonesia justru mendapat kabar yang menyedihkan dari FIFA yang membatalkan status tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023. Kondisi ini pun menimbulkan pertanyaan bagaimana nasib ketiga pemain naturalisasi tersebut?

"Kan sudah jalan itu. Ya, tidak apa-apa, kan itu kan prosesnya sudah di DPR, ya lanjut saja," kata Zainudin saat dikonfirmasi, Kamis (30/3/2023). 

Ketika ditanya apakah perwakilan dari ketiga pemain itu mempertanyakan nasib mereka, Zainudin mengatakan sejauh ini belum ada pembahasan lebih lanjut. "Tidak ada pertanyaan apa-apa. Kita proses aja yang ada, ini saya minta terus latihan. Saya barusan ngomong ke Shin Tae-yong," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement