Selasa 04 Apr 2023 03:46 WIB

Alex Ferguson Terma Medali Juara 40 Tahun Setelah Gelar Juara Aberdeen di Piala Winners

Ferguson menjuarai Piala Winners pada 1983 sebagai pelatih Aberdeen.

Sir Alex Ferguson akan menerima medali juara Piala Winners yang dimenangkannya pada 1983 sebagai pelatih Aberdeen.
Foto: REUTERS/Russell Cheyne
Sir Alex Ferguson akan menerima medali juara Piala Winners yang dimenangkannya pada 1983 sebagai pelatih Aberdeen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alex Ferguson harus menyediakan ruang di lemari pialanya yang sudah penuh penghargaan untuk satu medali lagi. Sebab, mantan pelatih Manchester United (MU) ini akan menerima medali juara Piala Winners yang dimenanginya bersama Aberdeen pada 40 tahun lalu atau Mei 1983.

Ferguson sebelumnya melatih klub Skotlandia Aberdeen dari tahun 1978 hingga 1986 sebelum menyeberang ke MU untuk memenangi 13 gelar juara Liga Primer, dua trofi Liga Champions, dan sejumlah piala domestik Inggris lainnya.

Baca Juga

Kesuksesan terbesar Ferguson bersama Aberdeen ketika mengalahkan Real Madrid lewat babak perpanjangan waktu pada final Piala Winners 1983. Namun kala itu, hanya 11 pemain inti dan lima pemain cadangan yang menerima medali juara pada final di Gothenburg. UEFA kini telah setuju untuk memberikan enam medali tambahan, dengan Ferguson sebagai nama pertama dalam daftar.

"Sebuah kehormatan besar bisa menerima medali ini dan saya berterima kasih kepada semua orang yang telah bekerja keras untuk mewujudkannya," kata Ferguson, 81 tahun, dalam sebuah pernyataan.

"Upaya mereka, bersama dengan kerja sama UEFA sangat dihargai. Ini juga fantastis untuk melihat beberapa orang luar biasa yang bekerja tanpa lelah di belakang layar selama periode yang sangat sukses untuk klub ini sekarang mendapat penghargaan."

Asisten manajer Archie Knox dan gelandang Dougie Bell - yang tidak masuk dalam skuad karena cedera - juga akan menerima medali.

"Selain itu, sebuah medali akan diberikan kepada Keluarga Donald sebagai penghargaan kepada direktur saat itu, Ian Donald, dan ayahnya serta mendiang ketua, Dick Donald," kata klub.

Penghargaan yang sama juga akan diberikan kepada mantan wakil ketua, Chris Anderson, yang sudah meninggal. "Sebuah medali juga akan diberikan kepada keluarga Teddy Scott. Sosok legendaris, yang merupakan pemain, pelatih, pelatih, dan akhirnya manajer kit Aberdeen yang pensiun pada Agustus 2003 setelah mengabdi untuk klub selama hampir 50 tahun."

Ferguson pensiun pada tahun 2013 setelah membawa MU meraih gelar terakhir mereka di Liga Primer, gelar ke-49 dalam kariernya yang gemilang, yang juga termasuk sata melatih St Mirren.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement