Sabtu 08 Apr 2023 20:21 WIB

Pelatih Timnas Basket 3x3 Yakin Indonesia Bisa Saingi Tim-Tim ASEAN

Indonesia masih perlu adaptasi dengan pola permainan bola basket 3x3.

Pelatih tim basket 3X3 putra Indonesia, Fandi Andika Ramadhani (kiri) memberikan arahan saat sesi latihan.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih tim basket 3X3 putra Indonesia, Fandi Andika Ramadhani (kiri) memberikan arahan saat sesi latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas basket 3x3 Indonesia, Fandi Andika Ramadhani, meyakini anak asuhnya bisa menyaingi tim-tim 3x3 dari negara-negara ASEAN lainnya. Timnas basket 3x3 akan berlaga dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

"Kalau untuk ketemu sama tim Thailand, Malaysia, Singapura, masih bisa sih," kata pelatih yang akrab disapa Rama itu terkait persaingan dengan negara lain, usai memimpin latihan di GBK Arena Senayan Jakarta, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga

Rama memprediksi para pemain 3x3 negara-negara ASEAN untuk SEA Games diproyeksikan tidak akan jauh berbeda dengan skuad yang diturunkan pada kejuaraan FIBA 3x3 Asia Cup 2023 di Singapura. Rama menilai pola permainan dari negara-negara yang akan menjadi calon lawan di SEA Games pun bisa dibilang tidak terlalu memberikan ancaman.

"Saya lihat juga di FIBA 3x3 Asia Cup, mainnya seperti 5 on 5 juga. Karena pada dasarnya mereka semua pemain 5 on 5 juga, hampir miriplah sama kita mainnya," kata Rama memjelaskan.

Dalam tahap pertama latihan seleksi pemain timnas basket 3x3, Rama menilai anak asuhnya masih perlu adaptasi dengan pola permainan bola basket 3x3. Dapat dimaklumi bahwa seluruh pemain yang dipanggil untuk ikut seleksi adalah pemain basket 5 on 5.

Rama yang memiliki pengalaman menjuarai FIBA 3x3 World Tour Masters 2013 tersebut bertekad untuk mengubah pola permainan anak asuhnya menjadi mahir dalam skema 3x3. "Beberapa pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan para pemain adalah akurasi tembakan, khususnya tembakan dua poin, dan pertahanan," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement