Senin 17 Apr 2023 09:08 WIB

Barcelona Ditahan Imbang Getafe, Xavi Keluhkan Kondisi Lapangan

Lapangan Stadion Coliseum Alfonso Perez dinilai Xavi terlalu kering.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez
Foto: AP Photo/Joan Mateu
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Barcelona harus puas dengan raihan satu poin saat melawat ke markas Getafe pada jornada ke-29 La Liga, Ahad (17/4/2023) malam WIB. Tidak mampu memecah kebuntuan, Blaugrana menutup laga di Stadion Coliseum Alfonso Perez itu dengan skor imbang tanpa gol.

Dengan hasil ini, Barcelona untuk pertama kalinya kehilangan dua poin secara beruntun di La Liga musim ini. Sebelumnya, Blaugrana juga dipaksa menutup laga dengan skor imbang, tanpa gol, saat menjamu Girona di Stadion Camp Nou, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Berbeda saat tampil di Camp Nou, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, memiliki penilaian tersendiri terkait kegagalan anak-anak asuhnya mencuri tiga poin di markas Getafe. Eks pelatih Al Sadd itu mengeluhkan kondisi lapangan dari markas Getafe yang dinilai terlalu kering.

''Kondisi lapangan benar-benar menyulitkan kami. Kemarin, kami latihan dengan kondisi lapangan yang begitu kering. Hal ini buruk untuk sebuah pertandingan sepak bola. Bola kerap terhenti. Kondisi ini sepertinya juga dirasakan tim tuan rumah,'' kata Xavi seperti dikutip Marca, Senin (17/4/2023).

Kendati begitu, pelatih asal Spanyol itu menegaskan, keluhan terhadap kondisi lapangan di markas Getafe itu bukanlah sebuah cara untuk mencari alasan terkait kegagalan anak-anak asuhnya memetik kemenangan di laga tersebut. Xavi justru bersyukur bisa mendapatkan satu poin di tengah-tengah kondisi buruk tersebut.

''Ini bukan alasan. Kami harus bisa kembali bangkit. Kami bisa memetik satu poin. Raihan ini sepertinya tidak terlalu buruk mengingat kondisi yang kami hadapi di atas lapangan,'' kata eks kapten dan gelandang Barcelona tersebut.

Kendati gagal memetik poin penuh di di dua laga terakhir La Liga, Barcelona tetap memimpin papan klasemen sementara dengan raihan 73 poin dari 29 laga. Blaugrana telah mengantongi keunggulan 11 poin dari juara bertahan kompetisi sekaligus seteru abadinya, Real Madrid, yang duduk di peringkat kedua.

Tinggal menyisakan sembilan partai lagi di pentas La Liga, Blaugrana pun digadang-gadang bisa merebut titel La Liga dari tangan Los Blancos pada musim ini. Kendati begitu, Xavi tetap meminta anak-anak asuhnya untuk tetap menjaga fokus pada sisa musim ini.

''Hingga sejauh ini, saya rasa, kami telah melakoni musim ini dengan cukup baik. Namun, kami tetap tidak boleh lengah dan tertidur. Laga berikutnya akan tetap menjadi laga yang tidak kalah penting,'' kata Xavi.

Setelah bertandang ke markas Getafe, Blaugrana memang dihadapkan laga berat pada giornata ke-30 La Liga, akhir pekan ini. Robert Lewandowski dan kawan-kawan dijadwalkan menjamu peringkat ketiga klasemen sementara, Atletico Madrid, di Stadion Camp Nou. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement