Sabtu 22 Apr 2023 15:52 WIB

Penasaran Mengapa Hand-Guard Motor MotoGP Hanya ada di Sebelah Kanan? Ini Jawabannya

Tahun 2006, pernah ada insiden aneh yang terjadi di MotoGP.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap Repsol Honda asal Jerman Stefan Bradl beraksi di MotoGP Seri Austin di Texas, Amerika Serikat, Sabtu (15/4/2023). Tampak tangan kanan Bradl dilindungi Hand-Guard.
Foto: EPA-EFE/ADAM DAVIS
Pembalap Repsol Honda asal Jerman Stefan Bradl beraksi di MotoGP Seri Austin di Texas, Amerika Serikat, Sabtu (15/4/2023). Tampak tangan kanan Bradl dilindungi Hand-Guard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuda besi yang dikendarai oleh para rider MotoGP tak luput dari perhatian dari para pecinta balap motor. Salah satu yang menjadi sorotan adalah hand-guard. Hand-guard adalah pelindung tangan di stang motor. Jika Anda perhatian letak hand-guard pada motor MotoGP selalu terleka di sisi kanan.

Dikutip dari youtube, Hand-guard berfungsi sebagai pelindung tuas rem dari risiko tertekannya tuas secara mendadak ketika terjadi senggolan antara pembalap untuk menghindari pengereman yang tidak diinginkan. Sebab, jika tidak dipasang Hand-Guard akibatnya bisa berdampak fatal.

Baca Juga

Dalam video tersebut mencontohkan insiden tabrakan pada MotoGP 2006 seri Katalunya. Pada waktu itu hand-guard belum diaplikasikan di MotoGP. Ketika itu Sete Giberneu menyenggol Loris Caspirosi yang menyebabkan tuas remnya tertekan dan terjedi enam kendaraan mengalami kecelakaan sehingga balapan tidak bisa dilanjutkan.

Pertanyaannya, mengapa hand-guard hanya ada di sebelah kanan? Itu karena di bagian kiri hanya ada tuas kopling yang dianggap tidak terlalu berbahaya jika tuas tertekan secara mendadak.

MotoGP adalah balapan motor yang banyak digemari didunia. Kemampuan para rider MotoGP dalam mengendari motornya membuat banyak orang berdetak kagum. Bahkan tak banyak dari masyarakar biasa yang memodivikasi motornya layaknya motor MotoGP.

Seri pembuka MotoGP 2023 berlangsung di GP Portugal pada 26 Maret lalu dengan pembalap Duacari Francesco Bagnaia sebagai juara. Dilanjutkan di seri kedua yang berlangsung di GP Argentina dan juga dimenangkan oleh pembalap Ducati Bezzecchi.

Seri ketiga berlangsung di GP Amerika dan pembalap Honda Alex Rins sebagai juara. Seri keempat akan berlangsung di GP Spanyol pada 30 April mendatang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement