Sabtu 29 Apr 2023 17:29 WIB

Qatar Tuan Rumah FIBA World Cup 2027

FIBA World Cup tahun ini digelar bersama oleh Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Qatar menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2027.
Foto: Dok FIBA
Qatar menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2027.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qatar akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2027, demikian diumumkan oleh FIBA pada Jumat (28/4/2023). Negara Timur Tengah ini kembali menjadi tuan rumah ajang olahraga besar setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola tahun lalu.

Seluruh pertandingan dalam ajang yang diikuti oleh 32 tim ini akan diselenggarakan di ibu kota Doha. Tim Qatar yang berada di peringkat 89 akan lolos ke turnamen sebagai tuan rumah. Mereka terakhir kali bermain di turnamen ini pada tahun 2006, dan kalah dalam lima pertandingan.

Baca Juga

"Ibu kota Qatar, Doha, memiliki penerbangan langsung dari sebagian besar negara yang berpotensi menjadi peserta, sementara kereta bawah tanah dan jaringan transportasi umum yang baru-baru ini ditingkatkan menghubungkan semua tempat, memberikan layanan kelas atas untuk semua pengunjung," kata FIBA dalam sebuah pernyataan.

"Selain itu, semua tempat yang akan digunakan untuk acara putra unggulan FIBA sudah dibangun. Sementara teknologi hijau yang digunakan secara luas akan membantu dalam memberikan FIBA Basketball World Cup 2027 sebagai acara yang netral karbon."

Qatar menghadapi kritik keras menjelang Piala Dunia sepak bola tahun lalu karena perlakuannya terhadap pekerja asing, larangan homoseksualitas dan pembatasan ekspresi politik.

FIBA World Cup tahun ini akan diselenggarakan bersama oleh Filipina, Jepang, dan Indonesia, berlangsung dari 25 Agustus hingga 10 September.

Berlin, Jerman akan menjadi tuan rumah turnamen putri pada 2026, yang akan menampilkan 16 tim, imbuh pernyataan FIBA. Edisi 2022 digelar di Australia dan diikuti oleh 12 tim, di mana Amerika Serikat mengklaim gelar juara ke-11 sekaligus memecahkan rekor. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement