Senin 01 May 2023 22:51 WIB

Lampard: Chelsa Bisa Tiru Arsenal Soal Proses Kembali ke Level Tertinggi

Kiprah Chelsea dan Arsenal pada musim ini bisa dibilang ada di jalur yang berbeda.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih sementara Chelsea Frank Lampard bereaksi setelah pertandingan sepak bola leg kedua perempat final Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di stadion Stamford Bridge di London, Rabu (19/4/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih sementara Chelsea Frank Lampard bereaksi setelah pertandingan sepak bola leg kedua perempat final Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di stadion Stamford Bridge di London, Rabu (19/4/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea, Frank Lampard, menilai, para petinggi The Blues bisa meniru pendekatan yang diambil Arsenal dalam proses membangun tim yang kompetitif dan bersaing di level tertinggi. The Gunners, di bawah kendali Mikel Arteta, dinilai sudah memiliki identitas permainan yang jelas.

Kiprah Chelsea dan Arsenal pada musim ini bisa dibilang ada di jalur yang berbeda. Sementara The Gunners mampu menjadi salah satu kandidat kuat juara Liga Primer Inggris, Chelsea justru terpuruk di papan tengah klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Tanpa kemenangan di enam laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris, termasuk kekalahan beruntun di tiga laga terakhir, Chelsea terdampar di peringkat ke-12 klasemen sementara. Klub asal London Barat itu terpaut 10 poin dari zona degradasi dan tertinggal 15 poin dari lima besar klasemen sementara.

Padahal, Chelsea telah melakukan perekrutan pemain besar-besaran dalam dua jendela transfer pemain terakhir. Total, manajemen The Blues telah mendatangkan 16 pemain, termasuk meminjam Joao Felix dari Atletico Madrid dan mendatangkan pemain muda terbaik Piala Dunia 2022, Enzo Fernandez, dari Benfica.

Jelang lawatan Chelsea ke markas Arsenal, Stadion Emirates, pada pekan ke-34 Liga Primer Inggris, Rabu (3/5/2023) dini hari WIB, Lampard menilai para petinggi Chelsea bisa meniru upaya The Gunners untuk bisa bangkit dan kembali tampil kompetitif. 

Gagal finish di empat besar pada musim lalu, The Gunners terbukti mampu tampil impresif pada musim ini. The Gunners hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen sementara, Manchester City, dan masih memiliki peluang untuk bisa menjuarai titel Liga Primer Inggris musim ini.

''Ada proses panjang yang mereka lalui hingga akhirnya berada di posisi saat ini. Saya masih ingat beradu taktik dengan Mikel (Arteta). Terkadang, mereka tampil dengan lima pemain bertahan atau empat pemain bertahan. Kini, mereka memiliki identitas permainan yang lebih jelas,'' kata Lampard seperti dikutip BBC Sports International, Senin (1/5/2023).

Proses itu, kata Lampard, termasuk kepercayaan yang diberikan kepada manajemen klub terhadap pelatih, perekrutan pemain yang tepat, dan sejumlah penyesuaian di tim utama. Meski bakal memakan waktu lama, The Blues masih bisa meniru pendekatan The Gunners tersebut agar bisa kembali tampil kompetitif.

''Mereka sempat meragukan pelatih, begitu juga para pemain dan pemilik klub. Proses itu mungkin bisa memakan waktu dua hingga tiga tahun. Mereka dapat menjadi contoh sukses bagaimana proses itu dijalankan. Apakah mungkin buat kami untuk berada di posisi tersebut? Tentu saja, iya,'' tutur pelatih yang ditunjuk sebagai pelatih sementara The Blues hingga akhir musim ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement