Ahad 07 May 2023 19:16 WIB

Sabalenka Tekuk Swiatek untuk Raih Gelar Juara Madrid Open 2023

Sabalenka meraih gelar ke-13 dalam karier dan gelar keduanya di lapangan tanah liat.

Aryna Sabalenka dari Belarusia merayakan dengan trofinya setelah menang melawan Iga Swiatek dari Polandia selama pertandingan tenis final tunggal putri Mutua Madrid Open yang diadakan di Magic Box, di Madrid, Spanyol, Sabtu (6/5/2023).
Foto: EPA-EFE/Chema Moya
Aryna Sabalenka dari Belarusia merayakan dengan trofinya setelah menang melawan Iga Swiatek dari Polandia selama pertandingan tenis final tunggal putri Mutua Madrid Open yang diadakan di Magic Box, di Madrid, Spanyol, Sabtu (6/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis nomor dua dunia Aryna Sabalenka bermain dengan taktik menyerang untuk mengalahkan peringkat teratas Iga Swiatek 6-3, 3-6, 6-3 sekaligus menjuarai Madrid Open untuk kedua kalinya, Sabtu (6/5/2023) waktu setempat.

Petenis Belarusia yang sukses membalas dendam atas kekalahan dari rivalnya asal Polandia di final Stuttgart dua pekan lalu, itu berhasil mengakhiri rentetan sembilan kemenangan beruntun Swiatek yang bersiap mempertahankan gelar French Open.

Baca Juga

Swiatek, pemenang dua kali di Roland Garros, berjuang untuk kembali fokus ke pertandingan setelah awal yang agresif dari Sabalenka. Namun, unggulan kedua itu bangkit dengan kuat pada set ketiga untuk memenangi final WTA 1000 pertama yang menampilkan dua petenis peringkat teratas sejak 2014.

Sabalenka meraih gelar ke-13 dalam kariernya, dan gelar keduanya di lapangan tanah liat dalam waktu dua jam 25 menit.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini, terutama melawan Iga di lapangan tanah liat, itu selalu merupakan pertandingan yang sulit melawannya," kata Sabalenka, seperti disiarkan AFP, Ahad (7/5/2023).

Juara Australian Open itu memulai dengan intensitas tinggi dalam servis dan forehand-nya. Sabalenka mendapatkan dua break point, tetapi Swiatek terlalu kuat sehingga bertahan 3-3. Dia melakukan hal yang sama lagi pada servis Swiatek berikutnya untuk mendapatkan break dengan memimpin 5-3.

Juara Madrid Open tahun 2021 itu berhasil merebut set pertama, untuk pertama kalinya saat melawan Swiatek di lapangan, setelah kalah dalam dua set langsung dalam tiga pertandingan tanah liat sebelumnya.

Swiatek, yang gagal mendapatkan break point pada set pembuka, mengonversi angka untuk memimpin 2-0 pada set kedua. Petenis nomor satu dunia itu bangkit untuk menunjukkan kehebatannya di lapangan tanah liat.

Namun saat tertinggal 1-3, Sabalenka yang tak henti-hentinya mendapatkan empat break point, kembali melakukan servis dengan keras. Tetapi, Swiatek mampu menyelamatkan dua break point untuk bertahan.

Swiatek menunjukkan permainan defensifnya yang baik saat dia mematahkan lagi servis Sabalenka untuk 5-3, dan melakukan servis untuk memaksa set ketiga yang menentukan.

Sabalenka melakukan break untuk unggul 2-0. Swiatek membalas tetapi Sabalenka melakukan lagi untuk memimpin 5-3, dan akhirnya menang.

"Selamat Aryna untuk pertandingan yang luar biasa, Anda memainkan tenis yang intens dan setiap pertandingan adalah tantangan. Jadi selamat, Anda pantas mendapatkannya," kata Swiatek.

Petenis nomor satu dunia itu menyoroti jadwal penyelenggara turnamen yang membuatnya harus menjalani pertandingan larut malam selama sepekan terakhir, beberapa di antaranya berakhir hingga dini hari.

"Tapi tidak menyenangkan bermain pukul satu pagi," ujar Swiatek menjelaskan. "Meski begitu saya senang bisa melewati pengalaman ini dan bertahan dan berada di final."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement