Senin 08 May 2023 14:15 WIB

Menguji Klaim Ten Hag Soal Peluang MU Finis di Empat Besar

MU ditekan oleh Liverpool dan Brighton dalam perebutan tiket Liga Champions.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
 Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester United (MU) membuang peluang untuk bisa menjauh dari kejaran Liverpool di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris. Kekalahan, 0-1, dari West Ham United, Senin (8/5/2023) dini hari WIB, menjadi pukulan dalam usaha Setan Merah finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini dan tampil di Liga Champions musim depan.

Gagal memetik poin di laga pada pekan ke-35 Liga Primer Inggris, United hanya terpaut satu poin dari Liverpool, yang berada di peringkat kelima dengan koleksi 62 poin dari 35 laga. United kini hanya tinggal memiliki satu laga tunda untuk bisa melebarkan jarak dengan The Reds.

Baca Juga

Ancaman The Reds terhadap United pun kian nyata. Sementara Setan Merah justru mengalami tren peningkatan performa dengan rentetan kemenangan di enam laga terakhir, United justru menelan kekalahan di dua laga terakhir. Untuk pertama kalinya sejak awal musim ini, United menelan dua kekalahan beruntun di pentas Liga Primer Inggris.

Ancaman terhadap United tidak hanya datang dari The Reds. Brighton and Hove Albion, yang baru tampil di 32 partai, juga memiliki peluang untuk merebut peringkat keempat klasemen Liga Primer Inggris. Apabila The Seagulls berhasil memetik kemenangan di enam laga sisa Liga Primer Inggris, United membutuhkan setidaknya 11 poin untuk bisa finish di atas Brighton.

Artinya, Setan Merah mesti bisa memetik kemenangan di empat laga sisa di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Di tengah berbagai ancaman ini, pelatih United, Erik ten Hag, memilih untuk tidak panik. Pelatih asal Belanda itu masih cukup yakin bisa membawa Setan Merah mengakhiri Liga Primer Inggris musim ini di posisi empat besar.

''Jika Anda melihat di papan klasemen, semuanya masih ada di tangan kami. Apabila bisa kembali menunjukan standar permainan sesungguhnya, kami bisa meraih kemenangan. Semuanya ada di tangan kami. Kami harus menyakini hal itu,'' ujar Ten Hag seperti dikutip Sky Sports, Senin (8/5/2023).

Secara matematis, United membutuhkan tambahan minimal sembilan poin dari empat partai sisa Liga Primer Inggris untuk bisa finis di atas Liverpool. Pasalnya, The Reds hanya bisa memetik maksimal sembilan angka dari tiga partai tersisa, tepatnya saat menghadapi Leicester City, Aston Villa, dan Southampton.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement