Kamis 11 May 2023 09:38 WIB

Misteri Chourng Meng, Atlet Bulu Tangkis Kamboja yang Diduga Pemain Cina

Chourng Meng memberikan dua angka kemenangan di final beregu campuran melawan Myanmar

Tim beregu campuran Kamboja meraih medali emas cabang bulutangkis di SEA Games 2023.
Foto: Tangkapan layar di Twitter
Tim beregu campuran Kamboja meraih medali emas cabang bulutangkis di SEA Games 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Kamboja mencatatkan sejarah dengan meraih medali emas pertamanya di cabang bulu tangkis di SEA Games 2023. Medali emas itu diraih dari nomor beregu campuran melawan Myanmar dengan 3-2, Rabu (10/5/2023) lalu.

Salah satu pemain Kamboja, Chourng Meng berhasil memberikan dua angka kemenangan, yaitu di ganda putri dan ganda campuran. Salah satu akun Twitter Indonesia, @ferguzooooo mengungkap keganjilan dan keanehan terhadap profil Chourng Meng yang diduga pemain dari Cina.

Baca Juga

"Salah satu pemain putri Kamboja, Chourng Meng dicurigai adalah pemain Cina, Zhou Meng, peraih medali perak WJC (World Junior Championship) 2019," tulis akun tersebut.

"Setiap Meng bertanding, tidak ditampilkan atau disorot oleh kameramen hingga final mixed team berakhir," kata dia.

"Saat naik ke podium, Chourng Meng tidak ikut, padahal tidak ada kendala cedera," kata akun ini lagi.

"Pada badminton individual event, nama dia masuk ke dalam list," kata akun ini.

Akun ini juga mengunggah unggahan dari warganet Thailand yang membandingkan foto atas Zhou Meng yang sedang melawan pemain Indonesia, Putri Kusumawardani di WJC 2019, dengan foto bawah memperlihatkan Chourng Meng saat bermain di ganda putri di final beregu campuran membela Kamboja saat melawan Myanmar.

Akun ini juga meng-capture pertanyaan warganet kepada Bambang Roedyanto selaku ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) melalui akun Twitter pribadinya terkait Zhou Meng. Pengurus yang kerap disapa Koh Rudy ini pun mengiyakan bahwa Chourng Meng ini adalah Zhou Meng.

Kemudian ada warganet yang mengirimkan video selebrasi kemenangan ganda campuran Kamboja, Chourng Meng yang berpasangan dengan Sok Rikreay yang menjadi penentu kemenangan. Anehnya, Chourng Meng langsung dibawa sejumlah ofisial, kemudian tidak terlihat lagi dari layar video.

"Fokus di sini habis selebrasi, Chourng Meng langsung diarahin sama seseorang untuk keluar dari lapangan di saat masih sedang selebrasi bareng-bareng," kata akun @ferguzooooo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement