Kamis 11 May 2023 09:49 WIB

7 Fakta Angka Kemenangan Inter Atas Milan: Nerazzurri Putrus Rekor Buruk

Inter tak pernah menang sebelumnya dari empat duel dengan Milan di Eropa.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
SKuad Inter Milan merayakan kemenangan atas AC Milan di Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
SKuad Inter Milan merayakan kemenangan atas AC Milan di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Dua gol sudah berhasil disarangkan Inter Milan ke gawang AC Milan saat leg pertama babak semifinal Liga Champions, Kamis (11/5/2023) dini hari WIB, belum genap berjalan 12 menit. Keunggulan I Nerazzurri itu terus bertahan hingga edisi keempat Derby della Madonnina pada musim ini berakhir.

Keunggulan Inter Milan dibuka oleh Edin Dzeko pada menit kedelapan. Dzeko merobek gawang I Rossoneri dengan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti usai sepak pojok, yang dieksekusi Hakan Calhanoglu. Belum sempat bangkit dan membalas gol tersebut, AC Milan malah kembali kebobolan.

Baca Juga

Federico Dimarco menyelesaikan penetrasi di sisi kanan pertahanan I Rossoneri dengan mengirimkan umpan ke depan kotak penalti. Bola hasil umpan Dimarco itu disambut oleh Henrikh Mkhitaryan. Datang dari lini tengah, Mkhtaryan langsung merangsek dan menaklukan kiper Milan, Mike Maignan, dengan sepakan keras.

Hingga laga berakhir, Inter Milan berhasil mempertahankan keunggulan. Tidak hanya itu, tim besutan Simone Inzaghi itu juga mampu menjaga gawangnya tetap perawan di sepanjang laga. Dengan kondisi ini, I Nerazzurri memiliki keuntungan besar leg kedua dan berpeluang melaju ke babak final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2010 silam.

Kemenangan Inter Milan di laga ini sekaligus menandai akhir dari dominasi I Rossoneri tiap kali melakoni Derby della Madonnina di kompetisi Eropa. Ini menjadi kemenangan pertama I Nerazzurri atas I Rossoneri saat keduanya saling berhadapan di kompetisi Eropa.

Di empat bentrokan sebelumnya dengan rival sekotanya di kompetisi Eropa, AC Milan tidak pernah kalah dengan torehan dua kemenangan dan dua hasil imbang. 

Berikut tujuh fakta angka dari kemenangan Inter Milan atas AC Milan:

Setelah tidak pernah menang dalam empat kesempatan melakoni Derby della Madonnina di arena Liga Champions, Inter Milan akhirnya bisa menundukan rival sekotanya tersebut. Di empat Derby della Madonnina di pentas Liga Champions sebelumnya, Inter Milan menelan dua kekalahan dan dua hasil imbang.

Inter Milan hanya menelan satu kekalahand ari 10 laga terakhir di pentas Liga Champions dengan torehan enam kemenangan dan tiga hasil imbang

AC Milan sebelumnya telah memetik kemenangan di tiga laga di arena Liga Champions tanpa kebobolan satu gol pun

18 

Inter Milan mampu memetik 18 kemenangan dari 19 laga saat berhasil menorehkan kemenangan saat tampil di laga tandang pada leg pertama, termasuk lima kemenangan dari enam kesempatan saat telah unggul 2-0 di leg pertama.

Untuk ketiga kalinya dalam sejarah, Inter Milan berhasil menundukan AC Milan sebanyak tiga kali dalam satu musim kompetisi. Sebelumnya, catatan ini ditorehkan I Nerazzurri pada musim 1973/1974 dan musim 1994/1995.

37 

Edin Dzeko menjadi pemain tertua kedua yang mampu mencetak gol di babak semifinal Liga Champions, setelah Ryan Giggs, dalam usia 37 tahun 54 hari

11 

Dzeko juga menjadi pemain ke-11 yang mencetak gol di babak semifinal Liga Champions dengan dua tim berbeda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement