Kamis 25 May 2023 10:12 WIB

Kembali Gunakan Dua Pemain Asing, Satria Muda Taklukkan RANS di IBL Seri 6 Yogyakarta

RANS sempat unggul 14 poin dan bertarung ketat di kuarter empat meski akhirnya kalah.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain asing Satria Muda Pertamina Richard Jackson beraksi melawan Rans PIK Basketball di IBL Seri 6 Yogyakarta, Rabu (24/5/2023).
Foto: IBL/Ariya Kurniawan
Pemain asing Satria Muda Pertamina Richard Jackson beraksi melawan Rans PIK Basketball di IBL Seri 6 Yogyakarta, Rabu (24/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah bermain tanpa pemain asing dalam lima laga sebelum jeda kompetisi. Juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta kembali diperkuat pemain asing dalam IBL seri 6 yang mulai digelar di Yogyakarta pada Rabu (24/5/2023). Selain Elijah Foster yang sudah sembuh dari cedera, tim asuhan Youbel Sondakh juga diperkuat legiun asing yang baru Richard Jackson yang menggantikan AJ West yang pulang ke negaranya Amerika Serikat pertengahan Februari lalu.

Tim yang bermarkas di Kelapa Gading Jakarta ini ditantang RANS PIK di GOR Among Rogo Yogyakarta pada Rabu malam. Dalam laga ini, Arki Wisnu dkk walau sempat mendapat perlawanan sengit dari RANS sebelum meraih kemenangan dengan skor 83-75. Ini kemenangan kedua Satria Muda atas RANS musim ini. 

Baca Juga

RANS yang sempat meninggalkan Satria Muda dengan jarak 14 poin, justru gagal menjaga keunggulannya. Pada kuarter ketiga, RANS hanya mencetak 10 poin. Momentum inilah yang membuat Satria Muda berbalik unggul 67-57 di akhir kuarter ketiga. 

Memasuki kuarter keempat, pertandingan berjalan menegangkan. Kedua tim terlibat saling jual beli serangan. RANS sempat unggul tapi kemudian bisa dikejar. Hingga akhirnya Satria Muda berhasil melaju 8-0 dalam dua setengah menit, yang menjadi kunci kemenangan mereka. Delapan poin penentu kemenangan Satria Muda semuanya dicetak oleh Arki Dikania Wisnu. 

Arki menutup pertandingan dengan sumbangan 20 poin, Widyanta Putra Teja menambahkan 14 poin, lima rebound, dan lima assist. Sedangkan Juan Laurent Kokodiputra mencetak 12 poin, dan yang terakhir Laurentius Steven Oei membantu dengan 11 poin. 

Dari tim RANS PIK, David Nuban menyelesaikan laga dengan catatan 17 poin. Akeem Scott tampil luar biasa dengan sumbangan 14 poin, 15 rebound, dan lima assist. RANS kini punya rekor 12-7. Sedangkan Satria Muda semakin kokoh di puncak klasemen dengan rekor 18-1.

Hasil laga lainnya di hari pertama IBL seri Yogyakarta, ada dua tim yang mampu menang dengan torehan tiga digit angka. Yakni Prawira Harum Bandung yang mengalahkan Mountain Gold Timika dengan skor 108-62.

Tuan rumah Bima Perkasa Jogja tampil eksplosif di hadapan pendukungnya sendiri. Tim asuhan Efri Meldy yang mengalahkan Elang Pacific Caesar Surabaya 101-76.

Sementara West Bandits Solo yang tengah mengalami kesulitan keuangan, bermain di Yogyakarta tanpa pemain asing harus takluk dari Satya Wacana Salatiga dengan skor 68-77.

IBL Seri Yogyakarta Kamis ini akan mempertandingkan empat laga menarik yakni Bumi Borneo Pontianak melawan Bali United (Pukul 11.30). Selanjutnya pukul 14.00 Evos Thunder Bogor menghadapi Tangerang Hawks. Pukul 16.30 Pelita Jaya Bakrie Jakarta akan bertemu Indonesia Patriots. Gim terakhir pukul 19.00 Dewa United Banten ditantang RJ Amartha Hangtuah Jakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement