Selasa 30 May 2023 07:30 WIB

Xavi Masih Terus Menanti Kehadiran Messi di Barcelona

Kepindahan ke Barcelona masih tergantung sepenuhnya pada keputusan Messi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang PSG Lionel Messi dikabarkan ingin kembali ke Barcelona.
Foto: AP Photo/Aurelien Morissard
Bintang PSG Lionel Messi dikabarkan ingin kembali ke Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, menilai, kehadiran Lionel Messi masih bisa mendongkrak performa Blaugrana. Mantan kapten Barcelona itu pun sudah mengungkapkan penilaian tersebut ke Presiden Barcelona, Joan Laporta.

Dengan begitu, Xavi akan menyambut kembalinya mantan rekan setimnya kala masih memperkuat Blaugrana itu dengan tangan terbuka. Kontrak Messi bersama Paris Saint-Germain (PSG) tinggal tersisa satu bulan lagi atau bakal habis pada 30 Juni 2023.

Baca Juga

Apabila PSG tidak mengaktifkan klausa perpanjangan kontrak selama setahun, pemain dengan koleksi gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) terbanyak sepanjang sejarah itu bisa hengkang dengan status free transfer. Blaugrana, yang kehilangan Messi dengan status free transfer pada 2021 silam, tertarik untuk memboyong kembali pemain berjuluk La Pulga tersebut.

Kendati telah menginjak usia 35 tahun, Messi dinilai masih bisa memberikan kontribusi besar buat performa Barcelona di atas lapangan. Xavi pun cukup yakin dengan kemampuan Messi untuk meningkatkan performa Blaugrana tersebut.

''Dalam aspek sepak bola, tidak diragukan lagi, jika Messi datang, maka dia bisa membantu kami. Saya telah mengungkapkan ini kepada presiden (Joan Laporta). Saya tidak punya keraguan sedikit pun. Dia (Messi) masih bisa menjadi pembeda, masih lapar akan gelar, dan pemimpin di atas lapangan,'' ujar Xavi seperti dilansir Diario Sport, Selasa (30/5/2023).

Pelatih berusia 43 tahun itu pun merujuk saat Blaugrana mendominasi sepak bola Eropa dan dunia pada 2010 silam. Saat itu, salah satu aktor utama kesuksesan Blaugrana tersebut adalah kehadiran Messi. Dengan talentanya, La Pulga bisa memberikan perbedaan dalam sebuah laga, baik berupa assist, torehan gol, ataupu memaksimalkan tendangan bebas.

''Untuk semua alasan itu dan keinginan bagaimana tim ini tampil, buat saya, tidak diragukan lagi, dia akan menjadi tambahan besar untuk tim ini. Namun, semuanya tergantung pada keputusannya,'' kata Xavi menjelaskan.

Hingga saat ini, Messi memang belum memberikan sinyal apapun terkait kelanjutan kiprahnya pada musim depan. Terlepas dari hubungan baiknya dengan Messi, Xavi mengaku tidak bisa mempengaruhi keputusan bintang timnas Argentina tersebut. Semua kemungkinan kepindahan ke Blaugrana masih tergantung sepenuhnya pada keputusan Messi.

Menilik performa Messi di Piala Dunia 2022, Xavi juga mengaku sudah memiliki rencana terkait posisi bermain Messi apabila sepakat kembali ke Blaugrana. Meski sudah tidak lagi mampu tampil eksplosif di sepertiga lapangan akhir, Messi dinilai memiliki kemampuan untuk bisa tampil maksimal di lini tengah.

''Idenya akan tetap sama. Dia bisa bermain di berbagai posisi, winger, false nine, gelandang serang, hingga gelandang tengah. Dia nyaris sudah menjadi gelandang dan memiliki kapasitas untuk itu," jelas eks pelatih Al Sadd tersebut. "Mungkin, dia sudah tidak ekplosif seperti dulu. Namun, dia tampil luar biasa di Piala Dunia 2022. Saya rasa, dia masih bisa tampil di level tertinggi untuk beberapa tahun mendatang.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement