Selasa 06 Jun 2023 08:57 WIB

Liga Pro Saudi akan Dapatkan Kucuran Dana Besar dari Negara

Arab Saudi masuk melalui Dana Investasi Publik dengan mengakuisisi saham klub.

Pemain Al Nassr Cristiano Ronaldo (kanan) mengolah bola pada pertandingan sepak bola Piala Super Saudi antara Al-Ittihad dan Al-Nassr di Riyadh, Arab Saudi,  Jumat (27/1/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/STR
Pemain Al Nassr Cristiano Ronaldo (kanan) mengolah bola pada pertandingan sepak bola Piala Super Saudi antara Al-Ittihad dan Al-Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (27/1/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Arab Saudi makin getol membangun kompetisi sepak bola negaranya. Pemerintah Negara Teluk ini mengucurkan dana besar demi mendatangkan nama-nama besar sepak bola.

Cristiano Ronaldo sudah berada di Arab Saudi. Karim Benzema tampaknya akan menyusul. Sementara Lionel Messi juga dalam kejaran. Ini membuat pemerintah masuk untuk memperkuat finansial klub demi bisa menggaet nama-nama beken lainnya.

Baca Juga

Dana Investasi Publik (Public Investment Fund-PIF) yang merupakan kekayaan negara mengambil saham kepemilikan mayoritas di empat klub papan atas di negara itu, termasuk klub yang diperkuat Ronaldo, Al Nassr. Langkah ini merupakan bagian dari "proyek privatisasi" yang mendorong organisasi sektor publik untuk berinvestasi di bidang olahraga. Tim sepak bola menjadi prioritas di bawah inisiatif yang didukung oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

PIF telah memiliki klub Liga Primer Inggris, Newcastle, dan mengelola lebih dari 600 miliar dolar AS (Rp 8.916 triliun) aset kerajaan yang kaya akan minyak tersebut. Tidak seperti Liga Primer dan tim-tim Eropa lainnya, klub-klub Saudi tidak terikat oleh aturan UEFA tentang pengeluaran, yang berarti tidak ada batasan gaji yang dapat ditawarkan klub-klub untuk memikat pemain top ke Timur Tengah. Selain Al Nassr, PIF juga memiliki 75 persen saham Al Ittihad, Al Ahli dan Al Hilal, pemenang Liga Champions Asia pada 2019 dan 2021.

"Transfer keempat klub akan membuka berbagai peluang komersial, termasuk investasi, kemitraan, dan sponsor di berbagai cabang olahraga," kata PIF.

Pengumuman pada Senin tampaknya secara efektif menasionalisasi sepak bola domestik tingkat atas sebagai proyek negara. Ini bagian dari kebijakan pembangunan nasional Visi 2030 yang dipromosikan oleh putra mahkota, yang lebih dikenal sebagai MBS, yang juga menjabat sebagai perdana menteri kerajaan.

Ambisi Arab Saudi untuk menjadi kekuatan utama dalam sepak bola dunia terlihat jelas ketika Ronaldo bergabung dengan Al Nassr pada bulan Januari dengan gaji yang dilaporkan mencapai 200 juta dolar AS per tahun, setelah ia meninggalkan Manchester United.

Inisiatif pada Senin memperjelas bahwa semakin banyak pemain top yang akan segera mendapatkan tawaran yang menggiurkan untuk bergabung dengan Ronaldo di Timur Tengah.

"Liga Pro Saudi ... akan didukung dalam ambisinya untuk menjadi salah satu dari 10 liga teratas di dunia," kata Saudi Press Agency dalam sebuah rilis berita, dikutip AP.

Kepindahan Benzema untuk bergabung dengan mantan rekan setimnya di Real Madrid di Liga Saudi diperkirakan akan dikonfirmasi pekan ini. Dia memainkan pertandingan perpisahan yang emosional akhir pekan lalu setelah 14 tahun bersama juara Eropa 14 kali.

Messi memainkan pertandingan terakhirnya untuk Paris Saint-Germain yang dimiliki Qatar pada Sabtu dan sedang mempertimbangkan tawaran dari Arab Saudi dan Inter Miami di Major League Soccer. Dia mendukung potensi kembali ke Barcelona, kata ayah Messi pada Senin di Barcelona, di mana dia menghabiskan 16 tahun sebelum dengan enggan meninggalkan klub yang bermasalah secara finansial untuk PSG pada tahun 2021.

Liga Saudi memiliki pemain dari "lebih dari 40 negara berbeda dan telah mengalami peningkatan jumlah penonton hampir 150 persen pada tahun lalu," demikian pernyataan dari SPA. "Privatisasi dan pengalihan kepemilikan klub bertujuan untuk mempercepat kemajuan dalam berbagai cabang olahraga di seluruh kerajaan, meningkatkan partisipasi, menyediakan fasilitas canggih, meningkatkan kompetisi dan membina juara masa depan."

Arab Saudi juga secara luas diperkirakan akan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah atau menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia putra, baik pada tahun 2030 atau 2034, dengan spekulasi yang dipicu oleh putra mahkota yang membangun hubungan publik yang kuat dengan presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam beberapa tahun terakhir. Membangun profil sepak bola domestik akan menjadi langkah logis menuju ambisi global sepak bola Arab Saudi.

Para pemain lokal Arab Saudi juga berkembang pesat. Tim nasional Arab Saudi mengejutkan Messi dan Argentina dengan kemenangan 2-1 dalam pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia di Qatar pada bulan November, dan klub Al-Hilal memenangkan gelar Liga Champions Asia pada 2019 dan 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement