Kamis 15 Jun 2023 07:12 WIB

Resmi Diumumkan Sebagai Pemain Madrid, Bellingham tak Lupakan Jasa Dortmund

Bellingham akan diperkenalkan kepada publik pada Kamis (15/6/2023).

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Jude Bellingham akan diperkenalkan sebagai pemain Real Madrid pada Kamis.
Foto: AP Photo/Martin Meissner, File
Jude Bellingham akan diperkenalkan sebagai pemain Real Madrid pada Kamis.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid resmi memenangkan persaingan dengan klub top Eropa lainnya dalam mendapatkan Jude Bellingham dari Borussia Dortmund. Madrid mengikat kontrak Bellingham selama enam tahun. Kesepakatan kedua belah pihak diumumkan di laman resmi Madrid pada Rabu (14/6/2023).

Sebelumnya, Manchester City, Manchester United, Liverpool, dan Paris Saint-Germain (PSG) juga meminati pemain 19 tahun tersebut. Namun gelandang serang timnas Inggris ini memilih Madrid. Ia akan diperkenalkan kepada publik pada Kamis (15/6/2023) ini.

Baca Juga

Bellingham sudah mengucapkan terima kasih kepada Dortmund dan para penggemar atas segala sambutan mereka selama tiga tahun di Signal Iduna Park. Ia menegaskan, sebuah kehormatan pernah mengenakan jersey Dortmund baik saat di level rendah maupun tinggi.

"Sementara saya senang dengan tujuan saya berikutnya, saya tidak akan pernah melupakan perjalanan yang saya lalui untuk sampai ke sana,” ujar Bellingham di website resmi Dortmund, dilansir dari TSN, Kamis (15/6/2023).

Madrid memang tidak mengonfirmasi besaran biaya transfer. Namun Dortmund menyebut dalam sebuah pernyataan pekan lalu bahwa biayanya bisa mecapai lebih dari 139 juta dolar AS. Mereka mengatakan biaya tetap adalah 110 juta dolar AS (Rp 1,6 triliun), ditambah dengan variabel lain yang mencapai lebih dari 32 juta dolar AS (Rp 477 miliar) untuk enam musim.

Bellingham pun menjadi penjualan terbesar kedua Dortmund setelah kepindahan Ousmane Dembele ke Barcelona pada 2017 senilai 173 juta dolar AS. Kedatangan Bellingham ini adalah langkah penyegaran lini tengah Madrid setelah sebelumnya sudah mendatangkan dua gelandang muda yakni Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchoumeni.

Ketiganya diprediksi akan menjadi penerus dari Luka Modric, Toni Kroos, dan Casemiro yang sudah pergi Manchester United. Tiga gelandang veteran tersebut telah memberikan banyak gelar kepada Madrid dan kini saatnya berganti generasi.

Modric kini sudah berusia 37 tahun sementara Kross 33 tahun. Madrid juga tengah menghadapi situasi transisi dan perlu mendatangkan striker baru setelah kepergian Karim Benzema ke klub Arab Saudi Al-Ittihad. Begitu juga Eden Hazard, Marco Asensio dan Mariano Diaz juga akan pergi.

Madrid menargetkan Kylian Mbappe dan kesempatan Los Blancos mendapatkannya kembali terbukan setelah sang pemain menyatakan tak akan memperpanjang kontrak di PSG. Striker Tottenham Hotspur Harry Kane juga dikaitkan dengan kepindahan ke Santiago Bernabeu.

Pelatih Madrid Carlo Ancelotti mengatakan area penyerang sangat dibutuhkan untuk didatangkan segera. Namun pelatih asal Italia itu mengatakan tidak harus terburut-buru dalam memilih pemain.

“Kami punya waktu untuk melakukannya tanpa terburu-buru. Kami sedang mencari striker yang bisa mencetak gol dan terhubung dengan baik dengan yang lain,” kata Ancelotti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement