Rabu 28 Jun 2023 21:42 WIB

Tak Hanya Rekrut Pemain Bintang, Arab Saudi Juga Incar Wasit Top Eropa

Wasit ini dikenal berani dan penuh kontroversi.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Wasit Antonio Mateu Lahoz dari Spanyol memeriksa VAR selama pertandingan sepak bola grup A Liga Champions antara Rangers dan Napoli di stadion Ibrox di Glasgow, Skotlandia, Rabu, 14 September 2022.
Foto: AP/Scott Heppell
Wasit Antonio Mateu Lahoz dari Spanyol memeriksa VAR selama pertandingan sepak bola grup A Liga Champions antara Rangers dan Napoli di stadion Ibrox di Glasgow, Skotlandia, Rabu, 14 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Arab Saudi dilaporkan tak hanya gencar dalam merekrut pemain dan pelatih top Eropa musim panas ini. Arab Saudi juga telah menawarkan kontrak besar kepada wasit yang penuh dengan riwayat kontroversial di Eropa yakni Antonio Mateu Lahoz menurut Relevo, dilansir dari football espana, Rabu (28/6/2023).

Mateu sedih di akhir musim setelah didesak untuk pensiun sebagai wasit di Spanyol. Wasit veteran ini terkenal karena beberapa keputusannya yang kontroversial dalam memimpin pertandingan termasuk di Piala Dunia 2022. Dia mendapatkan kritik luas atas keputusannya saat laga Belanda melawan Argentina.

Baca Juga

Keputusan kontroversialnya juga pernah ia lakukan dalam pertandingan derbi Katalunya antara Barcelona melawan Espanyol dengan mengeluarkan 15 kartu. Arab Saudi mengambil kesempatan tersebut. Mereka siap menampung Mateu jika sudah tidak dibutuhkan lagi di Spanyol.

Arab Saudi tak hanya ingin dia menjadi wasit pertandingan namun juga menjadi kepala sekolah wasit di federasi sepakbola Arab Saudi. Dengan harapan Mateu memberikan ilmu dan pengalamannya selama memimpin banyak pertandingan besar Eropa dan dunia.

Meski mendapatkan tawaran besar, menurut Relevo, Mateo tampaknya akan sulit menerima tawaran tersebut. Mateu tak ingin berkarier di Arab Saudi secara permanen.

Arab Saudi tengah berusaha menaikkan pamor Liga Pro Saudi dengan mendatangkan bintang-bintang Eropa dan gaji fantastis. Cristiano Ronaldo memperkuat Al Nassr sejak Januari 2023. Pada musim panas ini lebih banyak lagi bintang Eropa yang merapat seperti Karim Benzema dan N’Golo Kante yang berseragam Al Ittihad. Kalidou Koulibaly ke Al Hilal dan sejumlah nama lain dikaitkan akan segera ke Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement