Rabu 28 Jun 2023 23:56 WIB

Erling Haaland Bukan Pemain Istimewa Saat Masih Remaja

Banyak pemandu bakat yang terkecoh oleh Haaland.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Striker Manchester City Erling Haaland.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Striker Manchester City Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Direktur olahraga AGF Stig-Inge Bjornebye mengungkapkan bahwa Erling Haaland tidak menunjukkan bakat yang luar biasa di usia remaja. Kerena itu, Bjornebye menolaknya saat menjadi direktur olahraga klub raksasa sepakbola Norwegia Rosenborg. Ketika itu, Haaland datang ke lapangan latihan akademi RBK.

Bjornebye mengaku mengamati Haaland dari jarak dekat namun melewatinya karena tak ada yang istimewa. Haaland kemudian bergabung dengan Molde di mana dia diberikan debut tim pertamanya oleh mantan pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. Hal tersebut diungkapkan Bjornebye saat membahas keputusan pelatih Norwegia Stale Solbakken untuk menurunkan Haaland saat menanganin FC Copenhagen.

Baca Juga

"Molde merenggutnya dari depan kami. Dia tidak benar-benar sesuatu yang kami pertimbangkan saat itu. Jadi, selamat untuk Molde dan lebih dari itu, selamat untuk Haaland,” kata Bjornebye dilansir dari tribalfootball, Rabu (28/6/2023).

Bjornebye mengatakan dalam sepakbola penilaian terkadang memang tepat atau salah. Menurutnya menerka-nerka tentang bakat seseorang sesuatu yang sangat sulit dalam sepakbola, khususnya pemain usia muda. Kehebatan yang ditunjukkan Haaland saat ini tidak bisa diprediksi beberapa tahun silam.

"Ada beberapa 'mengapa saya tidak mengambilnya?'. Dan saya yakin akan ada beberapa di masa depan. Hal utama adalah menjadi sukses dengan yang Anda ambil,” ujar mantan pemain Liverpool itu.

Haaland menjelma menjadi striker yang sangat buas di depan gawang lawan. Pergerakannya sulit dihentikan dan tembakannya susah di bendung. Ia menjadi bagian penting dalam kesuksesan Manchester City meraih treble winners musim 2022/2023.

Haaland didatangkan Man City dari Borussia Dortmund pada musim panas lalu dan langsung memberikan dampak luar biasa kepada tim. Ia mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan di semua kompetisi di musim debutnya di Liga Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement