Senin 03 Jul 2023 19:45 WIB

Jika Mason Mount Masuk, Manchester United Lepas Siapa?

Peran Fred di lini tengah MU paling banyak menimbulkan kontroversi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester United  Fred
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Pemain Manchester United Fred

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) siap melanjutkan perombakan lini tengah mereka setelah menyetujui kesepakatan untuk Mason Mount. Playmaker Chelsea itu akan menjadi rekrutan pertama Erik ten Hag musim panas ini setelah tercapainya kesepakatan untuk pindah ke Old Trafford. 

Kedatangan Mount ke skuad Setan Merah akan memakan korban. Sebab, MU sekarang ingin menjual pemain untuk memperkuat dana transfer mereka.

Baca Juga

Manchester Evening News melaporkan, setelah kepindahan Mount, klub akan melanjutkan rencana untuk mencoba dan menjual seorang gelandang musim panas ini juga. Erik ten Hag ingin menyegarkan lini tengahnya dengan tambahan pemain yang lebih muda. Itulah mengapa dia menjadikan Mount sebagai prioritas musim panas ini.

Andai ada pemain yang berpeluang besar dijual, pilihan bakal jatuh ke Fred. Pemain berusia 30 tahun itu telah menarik minat Fulham sejak Mei dan telah memasuki tahun terakhir kontraknya di Old Trafford. Jose Mourinho juga dilaporkan ingin menarik Fred ke AS Roma.

Kehadiran Fred selama lima musim di Old Trafford menghadirkan pro dan kontra. Sebagian menganggap Fred pembelian buruk, tapi sebagian lagi menilai Fred kepingan yang pas untuk sepak bola menyerang MU, terutama dalam menghentikan transisi menyerang lawan.

Namun jika ditanyakan kepada legenda Manchester United, Roy Keane, ia pasti sepakat manajemen MU melepas Fred. Pemain Brasil ini kerap menjadi sasaran kemarahan Roy Keane. Sosok yang kini berstatus sebagai pundit sepak bola di tv tidak pernah terkesan oleh Fred.

Keane masih mengingat pelanggaran Fred terhadap Kevin De Bruyne yang dinilainya tak perlu dalam final Piala FA saat MU dikalahkan Manchester City. Ketika itu, Fred melanggar Kevin De Bruyne yang tidak dalam posisi berbahaya karena membelakangi gawang.

"Ini puncak kebodohan. Tapi kami telah melihat itu darinya berkali-kali selama bertahun-tahun," ujarnya kala itu di ITV Sport, dikutip Manchester Evening News.

Momen yang mungkin paling diingat adalah saat kekalahan 2-0 dalam derby Manchester pada November 2021, saat Manchester United ditangani Ole Gunnar Solskjaer. "Jika Ole masuk ke sini sekarang, saya akan mencengkeram (kerah) dia dan berkata 'kenapa kamu memainkan Fred?'" kata Keane saat itu.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement