Selasa 04 Jul 2023 05:03 WIB

Direktur Olahraga RB Leipzig Akui Ada Negosiasi Besar Antara Pihaknya dan City, Soal Apa?

Dengan uang melimpah, City terus memburu talenta terbaik dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer Manchester City Pep Guardiola.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Manajer Manchester City Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Direktur Olahraga RB Leipzig, Max Eberl, mengakui adanya pembicaraan antara manajemen RB Leipzig dengan Manchester City terkait rencana kepindahan Josko Gvardiol. Bahkan, Eberl menyebut, Gvardiol juga terbuka dengan kemungkinan hijrah ke The Citizens pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Meski gagal membawa Kroasia lolos ke partai final, Gvardiol menjadi salah satu pemain yang mendapatkan sorotan positif di Piala Dunia 2022. Terlepas dari kegagalan mengawal pergerakan bintang Argentina, Lionel Messi, di babak semifinal, Gvardiol dinilai mampu tampil tampil begitu solid di lini belakang Kroasia di sepanjang turnamen.

Baca Juga

Bahkan, meski baru menginjak usia 21 tahun, Gvardiol tidak pernah absen membela Kroasia di putaran final Piala Dunia 2022. Performa di Qatar 2022, ditambah penampilan bersama RB Leipzig pada sepanjang musim ini, sudah cukup membuat Gvardiol menjadi incaran klub-klub top Eropa.

Manchester City menjadi salah satu klub yang dilaporkan berminat mendatangkan eks bek tengah Dinamo Zagreb tersebut. Ketertarikan peraih tiga gelar juara sekaligus pada musim ini pun diungkapkan oleh Eberl. Menurut dia, City telah melakukan kontak dan komunikasi dengan manajemen RB Leipzig.

Tidak hanya itu, Eberl juga mengungkapkan, Gvardiol via perwakilannya sudah memberikan lampu hijau soal kemungkinan hijrah ke The Citizens. Selain City, Gvardiol kabarnya telah menarik minat Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

''Kami tengah melakukan pembicaraan dengan Manchester City. Namun, hanya sebatas itu yang bisa saya katakan. Gvardiol dan agennya sudah mengungkapkan keinginannya untuk hijrah ke City,'' kata Eberl dalam wawancara dengan Leipziger-Volkszeitung, Selasa (4/7/2023).

Kendati begitu, The Citizens harus merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa mendatangkan pemain yang masih terikat kontrak bersama RB Leipzig hingga 2027 tersebut. Kabarnya, Leipzig baru mau melepas Gvardiol dengan nilai transfer tidak kurang dari 100 juta euro, termasuk bonus. 

Dengan besaran biaya transfer tersebut, Gvardiol bisa memecahkan rekor sebagai pemain bertahan termahal sejagat. ''Ya, dengan nilai transfer 100 juta euro, Gvardiol akan datang dengan nilai yang tinggi. Besaran nilai tersebut akan menempatkan Gvardiol sebagai pemain bertahan termahal. Namun, hal itu sepertinya harus menunggu hingga beberapa hari mendatang,'' kata Eberl.

Gvardiol tercatat baru dua musim membela RB Leipzig. Tidak hanya langsung dipecaya menempati tim inti RB Leipzig, Gvardiol juga langsung mengantarkan Die Rotten Bullen meraih titel DFB Pokal dalam dua musim terakhir. Dalam dua musim terakhir, Gvardiola sudah mencatatkan 88 penampilan buat RB Leipzig di semua ajang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement