Kamis 06 Jul 2023 17:02 WIB

Dijuluki Messi dari Turki, Ini Sosok Arda Guler yang akan Gabung ke Real Madrid

Madrid akan membayar transfer Arda Guler sebesar 20 juta euro.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pemain muda Fenerbahce Arda Guler (kanan) dilaporkan akan merapat ke Real Madrid.
Foto: EPA-EFE/Lukasz Gagulski
Pemain muda Fenerbahce Arda Guler (kanan) dilaporkan akan merapat ke Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama Arda Guler muncul menjadi bahan perbincangan hangat pada bursa transfer pemain musim ini. Baru berusia 18 tahun, ia sudah menjadi penghuni tim utama Fenerbahche. Direkrut dari Genclerbirligli pada 2019, Guller bahkan sudah dipercaya membela Fenerbahce saat masih berusia 16 tahun.

Kemampuannya membuat Guler menjadi perhatian sejumlah klub besar Eropa. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan jasa pemain yang lebih sering menggunakan kaki kiri dalam mengolah bola. Manchester United dan Barcelona dua di antara banyak yang kepincut, tapi Real Madrid dikabarkan akan menjadi pemenang. Tak heran banyak yang bertanya-tanya perihal kehebatan remaja kelahiran Ankara, Turki ini.

Baca Juga

Sepanjang musim 2022/2023, Guler sudah mencetak enam gol dan tujuh assist dari 35 penampilan di semua ajang. Sementara pada musim lalu, catatan penampilan Guler lebih mengilap. Tampil dalam 24 partai di semua ajang, Guler sudah mampu menorehkan tujuh gol dan 11 assist. Guler pun memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda Fenerbahce di pentas Liga Super Turki saat menyumbang satu gol kala Fenerbahce membungkam Alayansapor, 5-2, di Liga Super Truki, 13 Maret 2022 silam.

Guler sudah mengemas total tujuh gol dan tujuh assist dari 1.187 penampilan di Liga Super Turki. Dengan catatan ini, Guler mencatatkan rataan satu gol per 85 menit penampilan. Catatan ini begitu impresif jika menilik usia Guler, yang belum genap 20 tahun. 

Berposisi asli sebagai gelandang serang, pemilik nomor punggung 10 di tim utama Fenerbahce itu memiliki keunggulan teknik olah bola, kendali bola yang bagus, akselerasi, kecepatan, dan kemampuan dribling yang mumpuni. Guler tidak ragu untuk berhadapan secara langsung dengan satu atau dua pemain bertahan.

Kerap mengawali pergerakan di sisi kanan half space bidang lapangan lawan, Guler kerap disebut-sebut memiliki kesamaan pergerakan dan teknik bermain seperti bintang asal Argentina, Lionel Messi. Terlebih, seperti halnya Messi, Guler juga mengandalkan kaki kiri sebagai kaki dominan. Ia juga pernah mencetak gol layaknya Messi, menggocek tiga sampai empat pemain dari sisi sayap sebelum menjebol gawang dengan tendangan melengkung dari kotak penalti.

Julukan ''Lionel Messi dari Turki'' pun disematkan media setempat kepada Guler. Kemampuan ini yang membuat Guler menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Presiden Barcelona, Joan Laporta, bahkan sempat meminta langsung kepada calon Direktur Olahraga Barca, Deco, untuk bernegosiasi dengan Presiden Fenerbahce. 

Tidak hanya Barcelona...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement