Selasa 25 Jul 2023 11:23 WIB

Penyerang Kunci Real Valladolid Merapat ke Klub Qatar Al Sadd

Penjualan Plata bisa jadi kans pemilik Valladolid, Ronaldo, berinvestasi lebih kuat.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Striker Valladolid Gonzalo Plata (kanan) yang akan pindah ke klub Qatar, Al Sadd, untuk musim 2023/2024.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Striker Valladolid Gonzalo Plata (kanan) yang akan pindah ke klub Qatar, Al Sadd, untuk musim 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, VALLADOLID -- Salah satu penyerang kunci Real Valladolid, Gonzalo Plata, telah bergabung dengan klub Qatar, Al Sadd, dengan biaya sekitar 12 juta poundsterling. Satu sisi ini adalah kerugian bagi Valladolid di saat berusaha membangun kembali tim untuk promosi ke La Liga Spanyol.

Namun di sisi lain, penjualan tersebut dapat menjadi peluang Ronaldo Nazario sebagai pemilik klub berinvestasi lebih kuat lagi musim depan sebagai upaya memperkuat skuad. Dilansir dari Football Espana, Selasa (25/7/2023), La Pucela mempermanenkan Plata musim panas lalu senilai 5 juta euro dari Sporting Lisbon.

Baca Juga

Pemain berusia 22 tahun tersebut menunjukkan bakat luar biasanya, tetapi tidak mampu menjadi kekuatan besar dalam rangka mempertahankan Valladolid bertahan di kasta tertinggi sepak bola Spanyol. Plata hanya mencatatkan satu gol dan tujuh assist dalam 34 pertandingan musim lalu.

Pemain internasional Ekuador tersebut menghabiskan dua musim di Valladolid dengan penampilan 67 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak enam gol serta 12 assist. Kini Plata akan berjuang di Timur Tengah bersama Al-Sadd.

Plata mulai menginjakkan kakinya di Eropa ketika bergabung dengan Sporting Lisbon U-23 pada Januari 2019. Enam bulan kemudian, ia masuk ke tim utama Sporting. Valladolid kemudian meminjamnya pada Agustus 2021 sebelum kemudian mempermanenkannya satu tahun kemudian.

Klub baru Plata, Al Sadd, adalah klub papan atas Qatar. Klub itu adalah pemegang 16 gelar Liga Qatar dan terakhir merebutnya pada musim 2021/2022. Al Sadd juga juara Liga Champions Asia pada 2011. Pengalaman Plata di Eropa mungkin menjadi harapan besar bagi Al Sadd.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement