Rabu 26 Jul 2023 16:45 WIB

Warganet Banjiri Medsos dengan Bahasan Soal Timnas Indonesia Vs Jerman di FIFA Matchday

Andai terjadi, maka ini akan jadi laga akbar lainnya bagi Indonesia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas Jerman. Calon lawan Timnas Indonesia yang direncanakan adalah Timnas Jerman.
Foto: Arne Dedert/dpa via AP
Timnas Jerman. Calon lawan Timnas Indonesia yang direncanakan adalah Timnas Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki rencana untuk menggelar partai ujicoba antara Timnas Indonesia kontra Timnas Jerman di laga FIFA Matchday pada awal September mendatang. Proposal penawaran pun sudah dilayangkan PSSI kepada Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Rencana itu diungkapkan oleh salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga. Menurutnya, pertandingan menghadapi lawan dengan level permainan yang lebih tinggi dapat menjadi sarana untuk menguji nyali para penggawa timnas Indonesia. 

Baca Juga

Saat ini, Timnas Jerman diketahui berada di peringkat ke-15 dalam rangking teranyar FIFA. Kendati begitu, Die Mannschaft, yang telah mengoleksi empat gelar juara Piala Dunia, masih dianggap sebagai salah satu kekuatan besar di panggung sepak bola internasional.

Tidak hanya untuk menguji nyali dan keberanian pada penggawa tim Garuda, kehadiran tim tim papan atas dunia memberikan keuntungan tersendiri buat PSSI dari segi bisnis. Meski sudah membuka pembicaraan dengan DFB, PSSI masih belum bisa memastikan kemungkinan penyelenggaraan laga uji coba kontra Jerman tersebut.

''Kemarin ngomong sama Jerman, mereka sudah oke karena kita pernah undang Argentina. Namun Jerman belum tentu juga, kita kan cuma menawarkan,'' kata Arya seperti dikutip Republika.co.id, Rabu (26/7/2023).

Kabar rencana mengundang timnas Jerman ini pun mengundang berbagai reaksi di jagat media sosial. Sejumlah warganet menyambut positif laga kontra Jerman dengan alasan untuk meningkatkan mentalitas bertanding dan keberanian para penggawa tim Garuda. Namun, sambutan ini tetap diiringi dengan catatan tersendiri.

''Kalau mau naikin rangking kenapa gak nyari lawan yang sepadan biar dapet poin yang lebih banyak. Tapi kalo mau nyari pengalaman dan tes mental sih boleh-boleh aja,'' tulis salah satu akun pengguna instagram, Selasa (25/7/2023).

Kendati begitu, tidak sedikit yang mengkritik rencana PSSI tersebut. Selain itu, ada pula usulan lain terkait lawan yang dihadapi Indonesia di FIFA Matchday pertama pada musim 2023/2024 tersebut. Alih-alih PSSI mengundang timnas Jerman, salah satu akun menyarankan PSSI untuk mendatangkan timnas Maroko, yang mampu finish di empat besar Piala Dunia 2022 silam.

Terlepas dari berbagai pro-kontra di media sosial, laga uji coba Indonesia kontra Jerman agaknya bakal sulit terwujud pada awal September mendatang. Pasalnya, DFB sudah merilis jadwal pertandingan Die Mannschaft dalam periode tersebut. Setelah menghadapi Jepang pada 9 September, Jerman akan meladeni permainan Prancis dalam laga uji coba pada 12 September mendatang.

Bahkan, Die Mannschaft sudah dijadwalkan melakoni laga uji coba pada pertengahan Oktober mendatang. Rencananya, juara Piala Dunia 2014 itu akan menghadapi Amerika Serikat dan Meksiko dalam dua kesempatan uji coba yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement