Kamis 27 Jul 2023 21:40 WIB

David Silva Akhirnya Putuskan Gantung Sepatu Setelah Didera Cedera ACL

David Silva mengucapkan salam perpisahan dan ungkapan terima kasih.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
David Silva (kanan) saat membela Real Sociedad. Silva mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Kamis (27/7/2023).
Foto:

Di buku sejarah Manchester City, Silva sempat mencatatkan diri sebagai pemberi assist terbanyak dengan koleksi 140 assist. Catatan ini akhirnya dilampaui Kevin de Bruyne dengan 146 assist. Kendati begitu, Silva akan tetap dikenang sebagai salah satu legenda Manchester City.

Pengakuan terhadap kontribusi Silva itu dituangkan manajemen City dengan membuat patung Silva di salah satu sudut markas City, Stadion Etihad. Pembuataan patung Silva itu bersamaan dengan pembuatan patung Sergio Aguero di sudut lain Stadion Etihad.

Selama satu dekade membela The Citizens, Silva telah tampil di 436 laga di semua ajang dan menyumbangkan 77 gol dan total 140 assist. Empat gelar Liga Primer Inggris, dua trofi Piala FA, dan lima titel Piala Liga Inggris menjadi persembahan Silva buat The Citizens.

Pada awal musim 2020/2021, salah satu penggawa Timnas Spanyol saat merengkuh gelar Piala Dunia 2010 itu meninggalkan Stadion Etihad dengan status bebas transfer. Sempat dikabarkan bakal merapat ke Lazio, Silva akhirnya lebih memilih untuk kembali ke Spanyol dan bergabung bersama Real Sociedad. 

Pada musim debutnya bersama Real Sociedad, Silva langsung mampu mempersembahkan gelar Copa del Rey. Petualangan Silva di pentas sepak bola profesional, yang terentang nyaris selama dua dekade, akhirnya dihentikan oleh cedera ACL

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement