Rabu 02 Aug 2023 06:22 WIB

Siswa SDN Cempaka Putih Barat 17 Jakarta Heboh Sambut Pebasket di Kampanye FIBA World Cup

Christian Ronaldo Sitepu ramaikan program youth leader FIBA World Cup ke sekolah.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kegiatan Youth Leader FIBA World Cup 2023 di SD Cempaka Putih Barat 17.
Foto: LOC FIBA World Cup 2023
Kegiatan Youth Leader FIBA World Cup 2023 di SD Cempaka Putih Barat 17.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedatangan pemain basket nasional membuat antusisme para siswa-siswa SDN Cempaka Putih Barat 17, Rabu (1/8), tak terbendung. Tak henti-hentinya mereka mengangkat tangan untuk bertanya dan mencoba semua pertanyaan. 

Momen ini terlihat dalam kunjungan ketiga dari program Youth Leader ke sekolah-sekolah di Jakarta untuk menyosialisasikan FIBA World Cup 2023 dan kampanye "Basketball for Good". Berbeda dari dua kunjungan sebelumnya yang hanya dihadiri oleh para youth leaders, kali ini kejutan hadir di SDN Cempaka Putih Barat 17 karena kedatangan mantan pemain Satria Muda dan timnas basket Indonesia Christian Ronaldo Sitepu. Pemain yang akrab disapa Dodo ini hadir untuk mendukung program ini dan memberikan inspirasi para peserta yang berjumlah hampir 70 siswa tersebut.

Baca Juga

Gim yang dimainkan hampir sama, yakni recyle race. Bola yang ditempatkan di tengah lapangan, diperebutkan empat kelompok berbeda. Mereka harus mengumpulkan bola sebanyaknya sambil melakukan skill dasar bola basket, seperti dribbling dan passing. 

Setelah bermain gim, para siswa pun mengikuti kuis dengan topik Piala Dunia Basket 2023, seperti siapa sajakah negara yang bermain di Indonesia. Dodo yang memandu kuis tersebut, dan para siswa pun berebut untuk menjawab pertanyaannya. 

Setelah kuis, siswa juga diberikan edukasi mengenai daur ulang, bagaimana cara mengurangi sampah plastik. Saat disebutkan salah satunya adalah membawa botol minum sendiri dan ditanya siapakah yang melakukannya, para siswa pun antusias menunjukkan kalau mereka membawa botol minum sendiri. 

Setelah sempat istirahat sebentar untuk kuis, gim pun berlanjut. Mereka pun saling berebutan unjuk gigi di depan Dodo untuk mempraktikan jenis-jenis skill basket yang mereka tahu. Seperti passing, dribbling, shooting, lay up, defense, dan lain-lain. Dodo pun melakukan penilaian. 

Para pemenang gim pun diberikan hadiah berupa cenderamata resmi FIBA World Cup 2023, dan di akhir acara, mereka pun berfoto bersama. 

Kepala sekolah SDN Cempaka Putih 17 Indah Ratna Dewi M.Pd. mengatakan jika pihaknya sangat senang kedatangan tim "Basketball for Good". Para siswanya antusias karena diedukasi langsung dari tim yang piawai soal basket. 

"Senang, antusias siswa tinggi karena ada pemain basket. Siswa juga dapat belajar langsung bagaimana mengenal basket dan belajar mencintai lingkungannya juga sembari bermain. Harapannya, dengan kegiatan ini, seluruh siswa dapat meningkatkan semangat belajar terutama di bidang olahraga basket, sekaligus mereka juga mampu mengenal serta mencintai lingkungan dengan program mendaur ulang sampai di lingkungannya," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement