Rabu 02 Aug 2023 12:59 WIB

Gianluigi Buffon Dilaporkan Tengah Bersiap Menutup Lembaran Panjang Kariernya

Buffon saat ini sudah berusia 45 tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, PARMA -- Kiper Parma, Gianluigi Buffon, dilaporkan tengan bersiap untuk mengumumkan pensiun dari pentas sepak bola profesional. Saat ini, penjaga gawang berusia 45 tahun itu diketahui masih memiliki sisa kontrak selama setahun bersama Parma. Namun, Buffon dikabarkan akan mengakhiri kerja sama dengan tersebut via kesepakatan bersama dengan manajemen klub. 

Langkah ini kemudian diikuti Buffon dengan pengumuman pensiun dari arena sepak bola profesional. Berdasarkan lansiran Football Italia, Buffon sebenarnya berharap bisa menyelesaikan sisa kontraknya bersama Parma. Namun, serangkaian cedera dan kegagalan Parma promosi ke Seri A pada musim lalu membuat mantan penjaga gawang Juventus itu mengurungkan niat tersebut. 

Baca Juga

''Buffon bersiap untuk mengakhiri kontraknya bersama Parma dengan kesepakatan bersama. Buffon akan mengumumkan pensiun setelah genap berusia 45 tahun pada Januari silam,'' demikian laporan Football Italia, Rabu (2/8/2023). 

Mengawali karier bersama tim junior Parma, Buffon mulai menghuni tim utama Parma pada 1995. Saat itu, Buffon masih berusia 17 tahun. Tampil apik bersama Parma, Buffon akhirnya menerima pinangan Juventus pada 2001. Buffon pun merenda kesuksesan bersama I Bianconeri. 

Buffon sukses mempersembahkan 10 gelar Scudetto dan lima gelar Coppa Italia buat I Bianconeri. Pun dengan keberhasilan mengantarkan I Bianconeri empat kali tampil di partai final Liga Champions. Sempat hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG) selama semusim, Buffon kembali ke Juventus pada 2019. 

Buffon tercatat telah tampil di 975 penampilan di semua ajang di level klub, termasuk 657 penampilan di arena Serie A dan 124 laga di pentas Liga Champions. Kendati tidak pernah menjuarai Liga Champions, Buffon tetap diperhitungkan sebagai salah satu penjaga gawang terbaik sepanjang masa. 

Selain di level klub, Buffon juga merenda nama besar bersama timnas Italia. SuperGigi, julukan Buffon, masih tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak untuk Gli Azzurri dengan koleksi 176 penampilan di semua ajang. Buffon pun menjadi salah satu penggawa Gli Azzurri kala merengkuh titel Piala Dunia 2006. Buffon menjadi satu dari enam pemain yang pernah tampil di lima edisi Piala Dunia. 

Untuk rekor ini, Buffon bersanding dengan sejumlah nama besar, seperti Lothar Matthaeus, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo. Melakoni debut di Piala Dunia pada 1998, Buffon terus menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Gli Azzurri di empat edisi Piala Dunia berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement