Sabtu 05 Aug 2023 13:03 WIB

Gareth Southgate: Maguire Harus Segera Ambil Keputusan Soal Masa Depannya di MU

Jika Maguire tetap di MU, ia kemungkinan akan sedikit mendapatkan waktu bermain.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bek Manchester United (MU) Harry Maguire.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Bek Manchester United (MU) Harry Maguire.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mengatakan Harry Maguire mungkin akan terpaksa membuat keputusan tentang masa depannya di Manchester United (MU) saat menit bermainnya berkurang. Pasalnya, jika kurang menit bermain di level klub akan memengaruhi di level timnas.

Southgare secara konsisten membela Maguire dan menunjukkan banyak kepercayaan kepada bek tengah itu di level internasional terlepas dari kenyataan bahwa Maguire jarang menjadi pilihan pelatih MU Erik ten Hag. Maguire mencatatkan 31 penampilan klub musim lalu, di mana hanya delapan di antaranya menjadi starter di Liga Primer Inggris. Jabatan kaptennya juga dicopot oleh Ten Hag.

Baca Juga

Maguire telah lama bertekad untuk bertahan dan memperjuangkan tempatnya di MU meskipun pemain internasional Inggris itu telah menarik minat di Liga Primer. West Ham United baru-baru ini mengajukan tawaran 20 juta poundsterling namun ditolak oleh MU. Sebab MU meminta biaya lebih tinggi.

Tetapi jika Maguire tetap di MU, ia kemungkinan akan sedikit mendapatkan waktu bermain karena kalah saing dengan Lisandro Martinez dan Raphael Varane. Situasi tersebut diakui Southgate dapat memengaruhi pilihannya di timnas Inggris.

"Kita tidak berada di dunia di mana kita berpelukan. Ini adalah dunia yang keras, sepak bola profesional," ujar Southgate, dilansir dari 90min, Jumat (4/8/2023).

Southgate mengakui tidak heran melihat situasi Maguire karena Iblis Merah memang mempunyai dua bek top yakni Varane dan Martinez. Dan Maguire akan selalu tertantang jika MU merekrut pemain top setiap tahun.

Southgate mengakui tak akan bisa menjamin siapa yang akan selalu dipilih. Sebab ia juga punya banyak pemain muda sebagai generasi masa depan dan penting dimainkan untuk mendapatkan pengalaman.

Southgate secara terbuka menyebut beberapa pemain yang menjadi ancaman Maguire, antara lain Levi Colwill dari Chelsea, Taylor Harwood-Bellis dari Manchester City, dan Marc Guehi dari Crystal Palace.

"Kami pergi ke sana untuk mengenal para pemain lebih baik. Saya pikir Harwood-Bellis dan Colwill keduanya sangat bagus. Satu di Championship, Levi di Brighton," kata Southgate menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement