Jumat 11 Aug 2023 20:02 WIB

Alasan Moises Caicedo Jadi Rebutan Chelsea dan Liverpool

Sikap Caicedo tidak terlepas dari kesepakatan personalnya dengan Chelsea, Mei lalu.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Moises Caicedo yang jadi rebutan Liverpool dan Chelsea.
Foto: AP/Julio Cortez
Moises Caicedo yang jadi rebutan Liverpool dan Chelsea.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Nama Moises Caicedo jadi buah bibir selain Harry Kane dalam 24 jam ke belakang. Kesediaan Liverpool mengeluarkan dana sebesar 111 juta poundsterling untuk menebus Caicedo dari Brighton and Hove Albion menjadi alasannya. 

Namun, kesepakatan antara kedua klub itu tidak serta merta membuat kepindahan gelandang berusia 21 tahun tersebut berlangsung mulus. Caicedo dilaporkan enggan bergabung bersama The Reds. Gelandang timnas Ekuador di Piala Dunia 2022 itu hanya mau bergabung dengan Chelsea. Sikap Caicedo itu tidak terlepas dari kesepakatan personal antara dirinya dengan The Blues pada Mei silam. 

Baca Juga

Chelsea memang menjadi klub yang dikabarkan paling bernafsu mendatangkan Caicedo. Namun, Chelsea belum berhasil membujuk Brighton melepas Caicedo. Tiga tawaran, termasuk tawaran terakhir yang bernilai 80 juta poundsterling dari Chelsea ditolak oleh The Seagulls. 

Manajemen Brighton akhirnya menerima tawaran Liverpool, yang siap menggelontorkan dana sebesar 111 juta poundsterling. Dengan besaran transfer ini, Caicedo berpotensi menjadi pemain dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarah sepak bola Britania Raya.

Dengan perkembangan terbaru, terutama soal penolakan Caicedo untuk bergabung dengan Liverpool, Chelsea sepertinya masih punya peluang untuk mendatangkan eks gelandang Independiente del Valle tersebut. Kabarnya, Chelsea siap mengajukan tawaran baru kepada The Seagulls.

Menilik performanya pada musim lalu, pesona Caicedo memang sulit untuk ditolak. Bisa menempati sejumlah posisi di lini tengah dan kemampuan dalam mematahkan serangan lawan di lini tengah menjadi salah satu keunggulan Caicedo. Aspek-aspek inilah yang membuat Liverpool dan Chelsea rela bersaing dan berperang ''tawaran tertinggi'' untuk bisa mendatangkan Caicedo. 

Pada musim keduanya membela Brighton selama semusim penuh, Caicedo mampu menunjukan performa impresif dan begitu matang. Berdasarkan catatan Sky Sports, Caicedo menempati urutan kedua dalam hal tekel (100 tekel) dan intersep (56 intersep) di sepanjang Liga Primer Inggris musim lalu. 

Untuk urusan tekel...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement