Selasa 15 Aug 2023 22:08 WIB

Tinggalkan Galatasaray, Zaniolo Coba Peruntungan di Liga Primer Inggris

Zaniolo dilaporkan tertarik merumput bersama Aston Villa di Liga Primer Inggris.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Nicolo Zaniolo, mantan gelandang AS Roma yang kini membela klub Turki Galatasaray.
Foto: Paola Garbuio/LaPresse via AP
Nicolo Zaniolo, mantan gelandang AS Roma yang kini membela klub Turki Galatasaray.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Gelandang serang asal Italia, Nicolo Zaniolo, dikabarkan bakal segera mengakhiri kiprah bersama Galatasaray. Hanya sekitar enam bulan membela klub asal Turki tersebut, pemain berusia 24 tahun itu akan mencoba peruntungan di Liga Primer Inggris dengan memperkuat Aston Villa.

Galatasaray dan Aston Villa dilaporkan sudah mencapai kata sepakat terkait peminjaman Zaniolo selama semusim. Villa akan membayar dana kompensasi peminjaman Zaniolo hingga mencapai empat juta euro. Klub asal Birmingham itu memiliki opsi untuk mengubah status kepindahan eks gelandang serang AS Roma itu pada akhir masa peminjaman.

Baca Juga

''Villa dapat mengubah status kepindahan Zaniolo itu dengan gelontoran dana transfer mencapai total 27 juta euro, termasuk tujuh juta euro sebagai tambahan bonus,'' tulis laporan Football Italia, Selasa (15/8/2023).

Dengan begitu, Villa harus mengeluarkan biaya transfer total mencapai 31 juta euro apabila berniat merekrut Zaniolo secara permanen. Besaran biaya transfer ini memiliki selisih tidak terlalu besar dengan nilai klausa pelepasan Zaniolo dalam kontraknya bersama Galatasaray, yang mencapai 35 juta euro.

Zaniolo dilaporkan tertarik untuk merumput bersama Aston Villa di Liga Primer Inggris. Alhasil, kepindahan pemain muda terbaik Liga Italia musim 2018/2019 itu terbilang mulus.

''Zaniolo sudah dijadwalkan melakoni tes medis di Inggris pada Rabu (16/8/2023) waktu setempat,'' lanjut laporan Football Italia tersebut.

Minat terhadap mantan gelandang serang Inter Milan itu sebenarnya tidak hanya berasal dari Aston Villa. Juventus dikabarkan ikut berminat untuk membawa kembali Zaniolo berkiprah di Liga Italia.

Ini bukan kali pertama I Bianconeri tertarik untuk mendatangkan Zaniolo. Pada pertengahan musim lalu, I Bianconeri disebut-sebut sempat berusaha membujuk AS Roma melepas Zaniolo.

Namun, tawaran Si Nyonya Tua itu selalu ditolak oleh I Giallorossi. Kabarnya, AS Roma enggan melepas pengoleksi 13 caps buat timnas Italia ke salah satu rival di arena Liga Italia. AS Roma justru lebih memilih untuk menerima pinangan Galatasaray.

Zaniolo akhirnya resmi menjadi penggawa anyar Galatasaray pada Februari 2023 silam. Galatasaray menebus Zaniolo dengan nilai transfer sekitar 15 juta euro ditambah bonus penampilan sebesar 10 juta euro.

Dalam kesepakatan dengan Galatasaray tersebut, AS Roma juga akan mendapatkan 10 persen dari total nilai penjualan Zaniolo pada masa mendatang. Klausul ini juga akan berlaku apabila nantinya Villa mengaktifkan opsi perekrutan permanen Zaniolo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement