Rabu 16 Aug 2023 01:56 WIB

Soal Line-up Pembalap pada Musim Depan, Yamaha Ternyata Punya Rencana Alternatif

Yamaha sudah mengumumkan Alex Rins sebagai salah satu pembalap utama.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Alex Rins, dari LCR Honda Castrol. Musim 2024 mendatang, Alex Rins akan pindah ke tim Monster Yamaha.
Foto: Joel Carrett/AAP Image via AP
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Alex Rins, dari LCR Honda Castrol. Musim 2024 mendatang, Alex Rins akan pindah ke tim Monster Yamaha.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Yamaha sudah mengumumkan Alex Rins sebagai salah satu pembalap utama di tim Monster Energy Yamaha pada MotoGP musim depan. Kendati begitu, Yamaha ternyata masih memiliki rencana alternatif apabila pembalap asal Spanyol itu menolak tawaran untuk bergabung bersama tim Monster Energy Yamaha.

Rins telah mengonfirmasi bakal meninggalkan tim LCR Honda Castrol pada akhir musim ini. Pembalap asal Spanyol itu akan bergabung bersama Yamaha terhitung pada musim 2024 mendatang.

Baca Juga

Mantan pembalap Suzuki itu akan diplot menggantikan Franco Morbidelli yang dianggap tidak kunjung menunjukkan peningkatan performa. Direktur Pelaksana Tim Yamaha Racing, Lin Jarvis, mengakui, Yamaha memiliki rencana alternatif apabila Rins menolak bergabung.

Bidikan pabrikan asal Jepang itu tertuju pada pembalap asal Italia, Tony Arbolino, yang saat ini memperkuat tim Elf Marc VDS Racing Team di kelas Moto2.

''Ya, kami memiliki rencana B. (Tony) Arbolino sudah cukup matang dan bisa menjadi pilihan pada masa mendatang. Namun, untuk saat ini, kami tidak perlu rookie. Kami membutuhkan pembalap berpengalaman. Kami tidak tahu, siapa pembalap terbaik antara Morbidelli dan Rins. Tidak ada jaminan dalam memilih pembalap. Namun, sudah waktunya buat kami melakukan perubahan,'' kata Jarvis kepada GPOne seperti dilansir Crash, Selasa (15/8/2023).

Arbolino mampu menarik perhatian pada gelaran Moto2 musim ini. Pembalap berusia 23 tahun itu sukses finish sebagai yang tercepat di dua seri dan enam kali naik podium dari sembilan seri yang telah digelar.

Arbolino tengah bersaing ketat dengan pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta, dalam perebutan gelar juara dunia Moto2 musim ini. Arbolino hanya terpaut dua poin dari Acosta, yang memimpin klasemen sementara pebalap kelas Moto2 dengan koleksi 156 poin.

Monster Energy Yamaha bukan satu-satunya tim yang tertarik merekrut Arbolino. Gresini Racing dan Prima Pramac Racing ikut dilaporkan tertarik membawa Arbolino tampil di kelas utama pada musim depan.

Terlepas dari rencana alternatif tersebut, Jarvis menegaskan, Rins tetap menjadi pilihan utama Yamaha sebagai tandem Fabio Quartararo pada musim depan. Dibanding rekan setimnya saat masih memperkuat tim Suzuki, Joan Mir, Rins dinilai memiliki kemampuan untuk tampil mengejutkan.

''Alex memiliki bakat alami dan terkadang bisa tampil mengejutkan. Harus diingat, dia masih menjadi satu-satunya pembalap di luar Ducati yang mampu meraih kemenangan. Dia bisa berada di podium tertinggi dua kali bersama Suzuki pada akhir musim lalu, kemudian menjuarai satu grand prix bersama Honda pada musim ini,'' kata Jarvis menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement