Kamis 17 Aug 2023 19:02 WIB

Pukulan Telak dari Cederanya Pemain Andalan Arsenal, Arteta Langsung Buru Pengganti

Sang pemain muda tiba-tiba jatuh ke tanah dan langsung diganti.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Arsenal Jurrien Timber terkapar cedera pada laga perdana Liga Primer Inggris 2023/2024.
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Pemain Arsenal Jurrien Timber terkapar cedera pada laga perdana Liga Primer Inggris 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manajer Arsenal Mikel Arteta tidak mengesampingkan kemungkinan untuk terjun ke pasar transfer demi merekrut pengganti Jurrien Timber yang cedera dan diprediksi akan absen sepanjang musim. Timber mengalami masalah dalam pembukaan Liga Primer Inggris Arsenal melawan Nottingham Forest ketika bentrok dengan Brennan Johnson beberapa saat sebelum paruh waktu.  

Penilaian awal menunjukkan bahwa pemain berusia 22 tahun itu tidak menunjukkan tanda-tanda cedera serius yang jelas dan keputusan diambil untuk mengizinkannya kembali di babak kedua. Namun, beberapa menit kemudian, Timber jatuh ke tanah meski tidak ada orang di sekitarnya dan harus digantikan oleh Takehiro Tomiyasu.

Baca Juga

Sejak itu diketahui bahwa Timber menderita cedera ligamen anterior di lutut kanannya. Berbicara menjelang pertandingan Liga Primer Inggris antara timnya dengan Crystal Palace di Selhurst Park, Arteta mengungkapkan bahwa hal itu bisa membuatnya absen selama sisa musim. Itu menjadi pukulan besar bagi tim, juga bagi Timber yang baru bergabung dengan klub.

"Memiliki cedera yang dia alami merupakan pukulan besar. Itu untuk tim karena kami merekrutnya dengan niat yang jelas dan apa yang dia bawa ke tim sudah terbukti dan dia tidak akan bisa melakukannya musim ini untuk kami. Kita harus beradaptasi. Sayangnya hal-hal ini terjadi dan kami harus melanjutkan," kata pria Spanyol itu dikutip dari Football London, Kamis (17/8/2023).

Mungkin Arteta masih beruntung karena jendela transfer musim panas masih terbuka untuk dua minggu ke depan, yang memberinya banyak waktu untuk mempertimbangkan pilihannya karena sudah ada hubungan dengan bek Manchester City Joao Cancelo dan Aymeric Laporte serta pembicaraan tentang menghidupkan kembali minat pada pemain RB Leipzig, Mohammad Simakan.

Meskipun tidak menutup pintu untuk penandatanganan lain, pelatih Spanyol itu sangat ingin menekankan bahwa dia memiliki solusi internal yang dapat dia gunakan. "Saya lebih memikirkan tentang sumber daya dalam tim untuk melakukan apa yang ingin kami lakukan. Tapi memang benar dia memberi kami banyak hal di kedua sisi. Kami selalu terbuka dan kami harus terbuka juga terhadap cedera termasuk juga untuk bereaksi terhadap pasar," ujarnya.

Arsenal memang memiliki kedalaman di bek kiri. Takehiro Tomiyasu, yang menggantikan Timber melawan Nottingham Forest, adalah opsi untuk memulai kompetisi pertama sejak Maret, sementara Oleksandr Zinchenko mendapat kabar positif setelah melewatkan seluruh jadwal pramusim.

"Alex telah melakukannya dengan sangat baik," kata Arteta. "Dia telah berlatih bersama kami dan mudah-mudahan kami akan segera memilikinya," ujarnya menambahkan. 

Jakub Kiwior juga menjadi opsi karena ia menyelesaikan musim lalu beroperasi sebagai bek kiri dan diberi peran itu pada kesempatan selama pramusim. Lalu ada Kieran Tierney, yang menurut Arteta tetap menjadi bagian dari rencananya meski tidak memasukkan pemain internasional Skotlandia itu dalam skuad pertandingan melawan Forest.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement