Senin 21 Aug 2023 13:32 WIB

Bantai Udinese, Chiesa Klaim Juventus Pakai Taktik Baru yang Lebih Modern

Skuad Juventus bakal lebih konsisten menekan dengan tinggi dan mengambil risiko.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang sayap Juventus Federico Chiesa.
Foto: EPA-EFE/SIMONE VENEZIA
Penyerang sayap Juventus Federico Chiesa.

REPUBLIKA.CO.ID, UDINE -- Juventus memulai Seri A Liga Italia musim 2023/2024 dengan hasil gemilang. Juve menang 3-0 atas tuan rumah Udinese di Stadion Friuli, Udine, Senin (21/8/2023) dini hari WIB.

Federico Chiesa ikut membobol gawang lawan. Dua gol kubu tamu lainnya dicetak oleh Dusan Vlahovic dan Adrien Rabiot. Setelah pertandingan, Chiesa bereaksi.

Baca Juga

Ia mengakui, Bianconeri sedang mencoba pendekatan baru. Si Nyonya Tua bakal lebih konsisten menekan tinggi. Hasilnya terlihat di lapangan.

"Penampilan hebat, dan di babak pertama kami sangat intens, menyerang mereka dengan garis pertahanan tinggi. Itulah sepak bola modern. Kami tidak boleh hanya diam di belakang, kami perlu menekan dan menekan, seperti yang kami tunjukkan hari ini," kata Chiesa kepada DAZN, dikutip dari Football Italia, Senin.

Fakta ini berbeda dengan taktik Massimiliano Allegri musim lalu. Sebelumnya sang allenatore lebih banyak mengatur timnya untuk menunggu. Setelahnya baru merancang serangan balik.

Allegri dikritik habis-habisan oleh penggemar dan media. Juga terkadang oleh pemainnya sendiri. Lantas, apakah sang allenatore mulai realistis dengan situasi lapangan hijau era terkini?

Hanya dia yang tahu. Ini baru giornata perdana. Belum bisa dijadikan patokan. Pada intinya, menurut Chiesa, Juventus tidak boleh statis.

"Kami banyak bergerak. Itulah yang diminta pelatih dari kami. Kedatangan Fransesco Magnanelli, membantu kami dalam mencoba taktik baru ini," ujar eks winger Fiorentina itu.

Magnanelli merupakan mantan pemain Sassuolo yang kini bagian dari staf Allegri. Ia memberi warna berbeda. Juventus bakal lebih banyak mengambil risiko.

Di atas semua itu, terpenting kemenangan bisa diraih. Sebuah modal penting bagi Juve dalam mengarungi musim. Chiesa menolak jika Juve dinilai bakal meramaikan persaingan merebut scudetto Serie A.

"Seperti yang dikatakan pelatih, targeet kami musim ini adalah lolos ke Liga Champions musim depan. Kita lihat saja nanti," ujar pemilik 42 caps tim nasional Italia itu.

Berikutnya Bianconeri jumpa Bologna pada giornata kedua. Duel tersebut berlangsung di Stadion Allianz, Turin, menjelang Senin (28/8/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement