Ahad 03 Sep 2023 12:18 WIB

IFG Labuan Bajo Marathon 2023 Diharapkan Lahirkan Atlet Lari Baru

Penyelenggara menargetkan partisipasi 1.500 peserta.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Indonesia Financial Group (IFG) meluncurkan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 di Jakarta pada Jumat (1/9/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Indonesia Financial Group (IFG) meluncurkan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 di Jakarta pada Jumat (1/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Financial Group (IFG) meluncurkan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 pada Jumat (1/9/2023) di Jakarta. Kegiatan tahunan yang kedua kalinya ini merupakan komitmen IFG dalam mendorong kegiatan olahraga dan sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat Labuan Bajo, Manggarai Barat. 

Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko menjelaskan, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 akan digelar pada Sabtu 4 November 2023 di Waterfront City Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. "Pada penyelenggaraan tahun lalu, event LBM diikuti 1.200 peserta dan mendapatkan respons yang sangat positif dari stakeholders IFG dan masyarakat Labuan Bajo," Hexana di Jakarta, dalam keterangannya, Ahad (3/9/2023).

Baca Juga

Selain menyelenggarakan kegiatan tahunan olahraga IFG Labuan Bajo Marathon 2023 yang hak kekayaan intelektualnya sudah didaftarkan, IFG dan anggota holding juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Kegiatan ini diharapkan makin mendekatkan IFG dan anggota holding kepada masyarakat di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. 

Pada IFG Labuan Bajo Marathon 2023, penyelenggara menargetkan partisipasi 1.500 peserta dari berbagai daerah dan sejumlah negara.

Hexana menambahkan, penyelenggaran IFG Labuan Bajo Marathon 2023 merupakan salah satu upaya IFG dalam mendorong kegiatan ekonomi, dan menjalankan arahan Kementerian BUMN untuk melakukan pembinaan atlet olahraga atletik yang salah satunya yakni olahraga lari. Arahan pemerintah melalui Kementerian BUMN tersebut diharapkan dapat melahirkan bibit atlet lari yang baru.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, BUMN Runners, dan sejumlah instansi lainnya yang telah telah berpartisipasi dan mengirimkan para pelarinya pada penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2022, sekaligus kami mengundang kembali para pelari untuk berpartisipasi pada IFG Labuan Bajo Marathon 2023," kata Hexana.

Sekretaris Perusahaan IFG sekaligus Ketua Pelaksana IFG Labuan Bajo Marathon 2023 Oktarina Dwidya Sistha menjelaskan, sejak diluncurkan pada tahun 2022 lalu, IFG Labuan Bajo Marathon didesain untuk memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan bagi masyarakat Labuan Bajo. Salah satu implementasinya adalah dengan menyelenggarakan program-program yang berkelanjutan dan memiliki dampak bagi masyarakat.

Sistha menambahkan, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 mengusung tema The Most Challenging Marathon with The Most Beautiful Scene in Indonesia. "Tema ini merepresentasikan perpaduan antara maraton dengan topografi yang menantang, sekaligus menyajikan keelokan alam Labuan Bajo," kata Sistha.

Pilihan jarak pada IFG Labuan Bajo Marathon 2023 antara lain Marathon 42 kilometer, Half Marathon 21 Km, 10 Km, dan 5 Km. Ia mengungkapkan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 mendapatkan sambutan yang sangat baik dari komunitas lari dan masyarakat Labuan Bajo karena memberikan nuansa dan sensasi berbeda dari event lari lainnya di Indonesia. 

"Pada penyelenggaraan tahun ini, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 sekaligus bisa menjadi ajang pembuktian bagi para pelari untuk menaklukkan rute dan topografi yang menantang," kata Sistha.

Pada IFG Labuan Bajo Marathon 2023 dengan kategori yang ada dari 5K sampai Marathon akan hadir dengan total hadiah Rp 500 juta. Selain itu, yang membedakan antara tahun ini 2023 dengan tahun kemarin 2022, akan ada bonus hadiah sebesar Rp 10 juta bagi pemenang yang dapat memecahkan rekor pemenang tahun lalu. 

"Hal - hal yang membedakan antara tahun ini selain hadiah, adalah pada tahun ini kami akan mengadakan tiket bundling sehingga para pelari dapat menikmati perjalanan setelah mengikuti pertandingan, kami akan menawarkan paket penginapan, perjalanan, dan wisata di Labuan Bajo," ujarnya.   

Penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 juga akan didampingi oleh perwakilan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) untuk memastikan bahwa perlombaan berjalan sesuai syarat dan ketentuan olahraga atletik. Sesuai penugasan dari Kementerian BUMN, IFG akan berkolaborasi dengan PB PASI memajukan olahraga atletik di Indonesia, khususnya pada olahraga lari.

Race Director of IFG LBM 2023, Satrio Guardian, mengungkapkan bahwa keamanan dan kenyamanan pelari menjadi prioritas dalam memilih rute. "Rute akan menghadirkan keindahan alam dan melewati ikon-ikon Labuan Bajo. Kami ingin memberikan pengalaman lari yang berkesan dan aman bagi semua peserta," kata Satrio. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement