Rabu 13 Sep 2023 05:38 WIB

Debut Manis Spalletti di Rumah Sendiri, Dua Gol Frattesi Bawa Italia Bungkam Ukraina

Italia sebelumnya ditahan imbang Makedonia Utara,

Gelandang timnas Italia Davide Frattesi melompat setelah menjebol gawang Ukraina dalam laga kualifikasi Euro 2024. Italia mengalahkan Ukraina 2-1.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Gelandang timnas Italia Davide Frattesi melompat setelah menjebol gawang Ukraina dalam laga kualifikasi Euro 2024. Italia mengalahkan Ukraina 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Pelatih baru timnas Italia Luciano Spalletti meraih hasil positif dalam laga debutnya di kandang sendiri. Italia meraih kemenangan 2-1 atas Ukraina dalam Grup C Kualifikasi Euro 2024 di Stadion San Siro, Milan, Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. Davide Frattesi memborong gol kemenangan Azzurri.

Sebelumnya, Italia ditahan imbang 1-1 saat bertandang ke Makedonia Utara akhir pekan lalu dalam pertandingan debut Spalletti. Ini membuat tekanan ada pada mantan pelatih Napoli untuk memberikan hasil yang baik di kandang sendiri.

Baca Juga

Italia kini berada di peringkat dua klasemen dengan tujuh poin di atas Ukraina karena unggul selisih gol dan memiliki satu pertandingan sisa atas semua rival grup mereka. Inggris berada di puncak klasemen dengan 13 poin.

"Ada banyak tekanan dalam beberapa pekan terakhir, dan saya harus memahami banyak hal dalam waktu singkat," kata Spalletti kepada RAI.

Ia mengatakan senang dengan penampilan timnya meskipun menang tipis. 

Italia memecah kebuntuan pada menit ke-12 melalui Frattesi setelah Mattia Zaccagni merebut bola di sisi kiri dan menggulirkannya kembali ke sang gelandang, yang mencetak gol dari dalam kotak penalti. Tepat sebelum babak pertama berakhir, Frattesi mencetak gol keduanya dengan tenang dari jarak dekat, memanfaatkan bola muntah hasil tendangan yang memantul.

Frattesi enggan membesar-besarkan kontribusinya. Meskipun pada awal musim ini ia belum menjadi starter bersama klub barunya Inter Milan.

"Masih banyak yang harus saya tingkatkan. Adalah hal yang normal untuk tidak menjadi starter di Inter karena saya baru saja bergabung dengan mereka. Namun pertandingan-pertandingan ini akan banyak membantu saya untuk berkembang," ujarnya.

Ukraina membalas satu gol empat menit sebelum turun minum ketika Andriy Yarmolenko menyarangkan bola rebound ke gawang kosong dari jarak dekat untuk meningkatkan ketegangan di antara para pendukung tuan rumah.

Tim tamu memberikan tekanan yang cukup besar setelah babak kedua dimulai dalam upaya mereka untuk menyamakan kedudukan. Namun mereka hanya menciptakan setengah peluang yang mampu diatasi oleh Italia.

Manuel Locatelli nyaris mencetak gol untuk Italia menjelang akhir pertandingan dengan tendangan keras yang membentur mistar gawang. Sebelumnya, beberapa upaya Italia diblok di dalam kotak penalti Ukraina.

"Pada menit-menit akhir, mereka (Ukraina) meninggalkan beberapa pemain di lini serang karena kalah dengan selisih gol yang lebih besar tidak akan mengubah banyak hal bagi mereka. Namun, kami harus lebih baik dalam mencetak gol ketiga dan keempat ketika kami bisa," kata Spalletti.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement