Senin 25 Sep 2023 06:09 WIB

Round-up: Dayung dan Wushu Buka Keran Medali Indonesia di Hangzhou

Indonesia sementara di peringkat delapan Asian Games dengan 1 perak dan 3 perunggu.

Pewushu putra Indonesia Edgar Xavier Marvelo beraksi dalam babak final nomor Changquan Asian Games ke-19 tahun 2022 di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou, Zhejiang, China, Ahad (24/9/2023).
Foto:

Timnas sepak bola ke 16 besar

Dari cabang sepak bola, tim nasional Indonesia U-24 dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan menjadi tim peringkat ketiga terbaik, meskipun pada pertandingan terakhir Grup F menelan kekalahan 0-1 dari Korea Utara melalui gol yang dibukukan Kim Yusong pada menit ke-40.

Pasukan Indra Sjafri tersebut mengakhiri fase grup dengan menduduki posisi ketiga Grup F dengan koleksi tiga poin. Dalam perjalanannya, timnas Indonesia mencatatkan kemenangan 2-0 atas Kirgistan, kalah 0-1 dari Taiwan, dan kalah 0-1 dari Korea Utara.

Perubahan posisi di klasemen Grup F terjadi karena Kirgistan mampu menang 4-1 atas Taiwan pada pertandingan terakhirnya. Dengan demikian, baik Kirgistan, Taiwan, dan Indonesia sama-sama mengoleksi tiga poin.

Kirgistan dan Indonesia berhak menduduki posisi kedua dan ketiga karena sama-sama memiliki produktivitas gol dan selisih gol yang lebih baik dari Taiwan. Kirgistan memiliki catatan memasukkan-kemasukan 4-4 dan selisih gol nol, sedangkan Indonesia memiliki catatan memasukkan-kemasukan 2-2 dan selisih gol nol. Taiwan berada di posisi keempat karena memiliki catatan memasukkan-kemasukan 2-6 dan selisih gol minus empat.

Calon lawan Indonesia pada 16 besar baru diketahui pada Senin (25/9/2023), setelah Grup C memainkan pertandingan terakhirnya.

Perihal dua kekalahan yang ditelan tim asuhannya setelah membuka fase grup dengan kemenangan, pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri mengatakan tidak akan menyalahkan para pemainnya.

"Saya sebagai pelatih mengapresiasi kinerja pada tiga kali pertandingan yang dilakukan pemain. Memang ada hal-hal yang harus diperbaiki, menjadi catatan sebagai pelatih, tetapi tim yang ada di sini betul-betul telah berjuang dengan baik," ujarnya.

Asian Games ke-19 akan berlangsung hingga 8 Oktober mendatang dengan diikuti 12.500 atlet dari 45 negara Asia yang bertanding dalam 40 cabang olahraga di 56 arena yang tersebar di Hangzhou dan lima kota pendukung yaitu Ningbo, Wenzhou, Huzhou, Shaoxing, dan Jinhua.

Kontingen Indonesia berkekuatan 413 atlet yang mengikuti 30 cabang olahraga dengan memasang target 12 medali emas dan menempati peringkat 12 besar, namun Presiden Joko Widodo saat acara pelepasan kontingen mengharapkan Indonesia bisa masuk peringkat 10 besar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement