Jumat 29 Sep 2023 19:43 WIB

Cedera Belum Pulih, Alex Rins Mundur dari MotoGP Jepang

Rins ditargetkan untuk pulih sepenuhnya pada MotoGP Mandalika, 13-15 Oktober 2023.

Pembalap MotoGP dari tim LCR Honda, Alex Rins, saat terjatuh di lintasan balap.
Foto: Thoudy Badai
Pembalap MotoGP dari tim LCR Honda, Alex Rins, saat terjatuh di lintasan balap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap LCR Honda, Alex Rins, memutuskan untuk mundur dari rangkaian MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi. Ini karena cederanya dinilai belum pulih total dan belum memungkinkan untuk kembali balapan dalam durasi panjang.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Jumat (29/9/2023), Rins mengatakan, masih merasakan nyeri di kaki kanannya. Ia sebelumnya memang mengalami patah kaki saat terjatuh di sesi Sprint MotoGP Italia pada Juni 2023.

Baca Juga

“Alex Rins dinyatakan tidak laik balapan karena rasa sakit yang dia rasakan hari ini pada kaki kanannya saat melakukan sesi uji coba di trek. Kami bangga dengan usahanya, terima kasih telah mencoba, Alex!” kata tim LCR Honda melalui laman media sosial X.

Adapun Rins ditargetkan untuk pulih sepenuhnya pada MotoGP Mandalika, 13-15 Oktober 2023 mendatang.

Sebelumnya, pembalap asal Spanyol itu memang memaksakan diri untuk kembali balapan di sirkuit kandang Honda di Motegi. Ia menilai perkembangannya sudah sangat positif, meskipun memakan banyak waktu agar bisa pulih dan bersaing lagi di MotoGP musim ini.

“Jujur, saya senang dengan perkembangannya karena hasil rontgen terakhir dibandingkan satu bulan lalu, menunjukkan perbedaan yang sangat besar. Saya masih belum 100 persen pulih, tapi mari kita lakukan selangkah demi selangkah,” kata Rins.

Di Motegi, target Rins adalah untuk kembali beradaptasi di atas motor sebaik mungkin.

“Tujuannya sekarang adalah menjajal motor MotoGP. Sudah satu bulan sejak saya mencoba menaiki sepeda apa pun. Mari kita lihat bagaimana keadaan saya saat menaiki motor ini nanti,” ujar Rins menjelaskan. “Jika saya merasa sangat kesakitan, maka saya akan berhenti. Tapi jika tidak menyakitkan, say melanjutkan perjalanan (di Jepang).”

Saat disinggung mengenai keadaannya secara psikologis, Rins tak mengelak bahwa mengembalikan pola pikir positif bisa menjadi sangat menantang, terlebih, sudah berbulan-bulan ia absen dari beberapa putaran balapan.

"Butuh banyak waktu, ini adalah cedera terburuk yang pernah saya alami dalam karier saya. Yang pasti, saya akan berusaha menikmatinya. Saya bekerja sangat keras selama empat bulan ini untuk mencoba memulihkan (pikiran) dan (fisik) dengan pergi ke gym dan melakukan fisioterapi,” kata Rins menegaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement