Senin 09 Oct 2023 05:46 WIB

Berharap Gelap di Asian Games Hangzhou, Beralih Terang di Olimpiade Paris

Target Indonesia masuk 10 besar Asian Games meleset.

Penyeragan bendera Dewan Olimpiade Asia kepada Gubernur Prefektur Aichi Hideaki Omura saat serah terima tuan rumah Asian Games berikutnya pada upacara penutupan Asian Games Hangzhou, Ahad (8/10/2023).
Foto:

Bagi Indonesia, posisi di peringkat 13 Asia setelah hanya mampu mendulang 7 emas itu jelas meleset dari target yang telah ditetapkan. Kemenpora sebelumnya mencanangkan target Merah putih di Hangzhou mampu meraih posisi 12 besar dengan 12 medali emas. Sementara Presiden Jokowi justru menuntut capaian yang lebih agresif, yakni mampu menembus 10 besar hasil perjuangan 415 atlet dan 161 ofisial dari 31 cabang olahraga yang diikuti tim Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyatakan bahwa meskipun telah dilakukan persiapan yang matang dan kerja keras oleh atlet-atlet Indonesia. Namun hasil yang diperoleh pada Asian Games 2022 ternyata tidak sesuai dengan harapan.

"Saya ingin mengucapkan permohonan maaf pada seluruh masyarakat Indonesia dan Bapak Presiden Republik Indonesia karena target dari beliau 10 besar tidak tercapai," kata Menpora.

Harus diakui bahwa ada banyak faktor yang turut berperan dalam menentukan sukses-tidaknya target terpenuhi dari sebuah cabang olahraga yang dipertandingkan di Hangzhou. Ada target yang meleset, tetapi ada juga kejutan-kejutan yang hadir dari sejumlah arena yang sebelumnya kurang diperhitungkan.

Misalnya saja kejutan dua medali emas dipersembahkan dari cabang olahraga menembak lewat Muhammad Sejahtera Dwi Putra pada nomor 10 m running target tunggal putra dan 10m running target beregu campuran. Hal ini menjadi catatan sejarah tersendiri setelah cabang olahraga tersebut sukses mengakhiri puasa medali emas selama 69 tahun sejak menembak pertama kali dilombakan pada Asian Games 1954.

Demikian pula emas-emas lainnya dari cabang wushu, sepeda BMX putri maupun angkat berat, yang masing-masing dipersembahkan Harris Horatius, Amellya Nur Sifa dan Rahmat Erwin Abdullah memecahkan rekor dunia 201 kg angkatan clean and jerk kelas 73 kg putra menjadi sepenggal kisah manis di pentas Asian Games kali ini.

Sementara itu catatan kelam yang berkontribusi signifikan atas melesetnya target terekam dari cabang-cabang olahraga unggulan Merah Putih, seperti panjat tebing dan bulu tangkis.

Dari arena panjat tebing di Shaoxing Keqiao Yangshan Sport Climbing Centre, atlet-atlet Indonesia yang sejatinya telah malang-melintang di berbagai kejuaraan level dunia dan bahkan memegang rekor dunia seperti Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin, harus merelakan kehilangan setidaknya tiga peluang medali emas dari adu cepat memanjat setinggi 15 m itu.

Setali tiga uang...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement