Senin 09 Oct 2023 16:22 WIB

Indonesia Targetkan Rebut 19 Medali Emas di Asian Para Games 2023 Hangzhou Cina

Badminton, lawn bawls, cycling, dan catur diharapkan masih menjadi lumbung medali.

 Wasekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wasekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- National Paralympic Committee (NPC) Indonesia telah menargetkan bisa merebut 19 medali emas dalam pesta olahraga multi-event Asian Para Games (APG) 2023 di Hangzhou Cina, pada 16 Oktober hingga 29 Oktober mendatang.

"Kami awalnya targetkan di APG Hangzhou Cina sebanyak 20 medali emas tetapi setelah ada revisi menjadi 19 emas," kata Wakil Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto di Solo, Senin (9/10/2023).

Baca Juga

Menurut Rima, hal tersebut karena pada cabang olahraga para catur sebelumnya menargetkan enam medali emas, tetapi kemudian direvisi menjadi lima emas sehingga total dari 12 cabang olahraga yang diikuti Indonesia targetnya menjadi 19 emas.

Rima menjelaskan target medali secara keseluruhan dari 12 cabang olahraga yang diikuti NPC Indonesia di APG Hangzhou Cina, antara lain para atletik ditargetkan bisa merebut empat emas, lima perak, empat perunggu, para badminton (4-4-4), para tenis meja (0-0-2), para renang (1-2-2), para angkat berat (0-1-1), para cycling (2-2-2), para menembak (0-2-2).

Cabang olahraga lainnya dengan target medali yakni para panahan (0-1-1), boccia (0-0-1), bling judo (0-0-2), para catur (5-3-2), dan lawn bawls (3-3-2).

"NPC Indonesia mengikuti 12 cabang olahraga mudah-mudahan bisa mencapai ranking 10 besar, awalnya 20 medali emas tetapi ada revisi target menjadi 19 emas pada APG Hangzhou China," kata Rima.

Rima menambahkan NPC Indonesia cabang olahraga badminton, lawn bawls, cycling, dan catur diharapkan masih menjadi lumbung medali bagi negaranya, di Asian Para Games Cina.

Selain itu, NPC Indonesia berharap target ranking 10 besar dengan mendapatkan 19 emas di Asia Para Games bisa tercapai.

Pada Asian Para Games 2018, Indonesia sebagai tuan rumah menargetkan bisa peringkat ketujuh, tetapi akhirnya NPC Indonesia berhasil menjadi peringkat kelima di Asia.

Namun, Indonesia ketika itu, sebagai tuan rumah punya sejumlah keuntungan. Ketika bukan menjadi tuan rumah keunggulan itu akan hilang, sehingga, jika NPC Indonesia bisa menempati 10 besar saja di Cina sudah bagus. "Namun, Indonesia mudah-mudahan bisa ke peringkat delapan untuk Asian Para Games di China tahun ini," kata Rima.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement