Senin 09 Oct 2023 21:00 WIB

Ansu Fati Kembali Dipercaya Huni Skuad La Furia Roja

Terakhir kali Fati membela Spanyol pada UEFA Nations League 2022/2023 Juni lalu.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Barcelona dan timnas Spanyol, Ansu Fati, yang pindah ke Brighton sebagai pemain pinjaman.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Pemain Barcelona dan timnas Spanyol, Ansu Fati, yang pindah ke Brighton sebagai pemain pinjaman.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Cedera yang dialami winger Villarreal, Jeremy Pino, agaknya menjadi berkah tersendiri buat winger milik Barcelona, Ansu Fati. Pemain yang tengah melakoni masa peminjaman di Brighton and Hove Albion itu kembali dipercaya menghuni skuad timnas Spanyol untuk menggantikan Pino.

Selain Fati, pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuentes, juga memanggil winger Granada, Bryan Zaragoza. Winger berusia 22 tahun itu tampil impresif kala mengantarkan Granada menahan imbang Barcelona, 2-2, di laga pada jornada kesepuluh La Liga Spanyol, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Di laga tersebut, Zaragoza mencetak dua gol ke gawang Blaugrana. Penampilan ini akhirnya berujung pada pemanggilan perdana Zaragoza ke skuad La Furia Roja. Bukan tidak mungkin, Zaragoza bisa melakoni debut bersama timnas Spanyol di lanjutan penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Sementara buat Fati, ini menjadi pemanggilan pertama ke skuad La Furia Roja sejak gelaran UEFA Nations League 2022/2023, pertengahan Juni lalu. Kala itu, winger berusia 20 tahun ini menjadi salah satu penghuni skuad La Furia Roja saat merengkuh titel edisi terakhir turnamen teranyar bentukan UEFA tesebut.

Namun, sejak saat itu, winger berusia 20 tahun itu tidak lagi dipercaya membela La Furia Roja. Fati pun terpaksa absen di dua laga terakhir Spanyol di babak kualifikasi Piala Eropa 2024, tepatnya saat membungkam Georgia, 7-1, dan mencukur Cyprus, 6-0, awal bulan lalu.

''Fati, yang saat ini memperkuat Brighton sebagai pemain pinjaman, absen di dua laga terakhir Spanyol di babak kualifikasi Piala Eropa 2024. Penampilan terakhir Fati bersama timnas Spanyol adalah saat menjadi pengganti Pino di partai final UEFA Nations League, kontra Kroasia, Juni lau,'' tulis laporan AFP, Senin (9/10/2023).

Fati terbilang masih berusaha untuk bisa menemukan performa terbaiknya pasca-pulih dari cedera lutut parah pada November 2020 silam. Jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, itu pun kesulitan untuk bisa bersaing dalam perebutan satu tempat di tim inti Blaugrana pada musim berikutnya.

Fati akhirnya dipinjamkan ke Brighton and Hove Albion pada awal musim ini. Rencananya, Fati akan melakoni masa peminjaman selama semusim bersama tim besutan Roberto de Zerbi tersebut. Telah dipercaya tampil di enam laga di semua ajang, Fati sudah menyumbang satu gol buat the Seagulls pada musim ini.

Di edisi kedua jeda internasional musim ini, Spanyol akan melanjutkan kiprah di penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2024. Setelah menjamu Skotlandia pada laga ketujuh penyisihan Grup A, Jumat (13/10/2023) dini hari WIB, Spanyol akan bertolak ke markas Norwegia untuk melakoni laga kedelapan penyisihan Grup A, Senin (16/10/2023) dini hari WIB.

Menelan kekalahan, 0-2, dari Skotlandia pada laga kedua, Spanyol harus rela menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi sembilan poin dari lima pertandingan. La Furia Roja tertinggal enam poin dari Skotlandia, yang bertengger di puncak klasemen sementara Grup A. Namun, dibanding Spanyol, Skotlandia telah tampil di enam pertandingan.

Spanyol pun menatap laga kontra Skotlandia sebagai kesempatan untuk memangkas jarak poin di klasemen sementara Grup A. Terlebih, Spanyol memiliki keuntungan lantaran bakal tampil di depan pendukung sendiri di Stadion La Cartuje, Sevilla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement