Kamis 12 Oct 2023 05:21 WIB
...

Mulai di GP Indonesia, Perebutan Juara Dunia MotoGP Musim Ini Bakal Kian Ketat

GP Indonesia adalah seri ke-15 dan jadi awal dari tiga seri secara beruntun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP Spanyol dari Prima Pramac Racing Jorge Martin (kiri) saat balapan MotoGP Jepang di Motegi, Prefektur Tochigi, Jepang, Ahad (1/10/2023). Pembalap Jorge Martin berhasil menjadi pemenang pada balapan MotoGP Jepang, diikuti oleh Francesco Bagnaia di tempat kedua.
Foto:

''Saya rasa, hal ini (persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini) akan sangat menarik. Akan menjadi pertarungan yang besar buat kami. Tentu saja, mulai saat ini, intensitas persaingan dan tingkat kesulitannya akan semakin meningkat,'' kata Bagnaia seperti dikutip AFP usai GP Jepang, dua pekan lalu.

Di sisi lain, Martin mencoba untuk tetap tenang dalam menatap enam seri terakhir di pentas MotoGP musim ini. Juara dunia kelas Moto3 pada 2018 itu mengaku sepenuhnya fokus untuk bisa meneruskan tren positif penampilan tim Prima Pramac dan memaksimalkan performa motor Ducati Desmosedici GP22 di atas lintasan balap.

''Saya berhasil berada di podium di empat balapan terakhir, termasuk dua kemenangan. Artinya, kami sudah berada di trek yang tepat. Saat ini, saya tidak mau menciptakan ilusi dan ekpektasi tambahan (soal peluang meraih gelar juara dunia MotoGP). Benar, saya dan Pecco cukup dekat di klasemen sementara, tapi masih ada sejumlah balapan yang harus dijalani,'' kata Martin seperti dikutip GP One, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya Bagnaia dan Martin, peluang untuk bisa meraih juara dunia MotoGP musim ini juga masih dimiliki pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi. Berada di peringkat ketiga, pembalap asal Italia itu terpaut 51 poin dari Martin. Kegagalan Bagnaia ataupun Martin finish di GP Indonesia bisa menjadi angin segar buat Bezzecchi.

Namun, Bezzecchi harus bisa lebih dulu mengatasi problem kebugarannya sebelum tampil di GP Indonesia. Maklum, Bezzecchi tengah mengalami cedera patah tulang selangka kanan saat berlatih, akhir pekan lalu. Kendati begitu, Bezzecchi diketahui tetap terbang ke Sirkuit Mandalika guna membidik kesempatan tampil.

Dalam kalender gelaran MotoGP musim ini, GP Indonesia merupakan seri ke-15 dan menjadi awal dari tiga seri secara beruntun dengan jarak waktu yang terbilang pendek, hanya satu pekan. Sepekan usai tampil di GP Indonesia, para pembalap MotoGP akan melanjutkan seri ke-16 di GP Australia.

Sepekan kemudian, para pembalap MotoGP akan kembali bersaing di GP Thailand, yang dihelat di Sirkuit Buriram. Dalam tiga pekan mendatang, MotoGP akan menggelar tiga seri sekaligus. Singkatnya jeda antarseri menjadi tantangan tambahan buat para pembalap MotoGP. Hasil di tiga seri ini pun digadang-gadang bakal mempengaruhi wajah persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement