Sabtu 14 Oct 2023 16:03 WIB

Dua Gim Lokal Dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023

Piala Presiden Esports mengemban misi sebagai panggung untuk pengembangan gim.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gim esports (ilustrasi).
Foto: Www.freepik com
Gim esports (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah memasuki babak kualifikasi, kejuaraan Piala Presiden Esports 2023 akan memasuki babak main event pada 21-22 Oktober 2023. Adapun cabang gim yang akan dipertandingkan di acara puncak tersebut antara lain Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), MLBB Women, hingga dua gom lokal yaitu Lokapala dan Battle of Guardians.

Dengan mengusung tema "Esports Untuk Negeri" di setiap gelarannya, Piala Presiden Esports diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi seluruh kalangan mulai dari pemain amatir hingga profesional untuk mengasah kemampuan dan meraih prestasi membangakan melalui esport.

Baca Juga

"Piala Presiden Esports memiliki peran yang sangat penting dalam memacu perkembangan dan kemajuan Esports di Indonesia, baik prestasi, industri - terutama pengembagan gim-gim lokal - maupun ekosistemnya," kata Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PB ESI, Debora Imanuella dalam konferensi pers di Kawasan Sarinah, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Menurutnya gelaran Piala Presiden Esports juga dapat berkontribusi dalam mendukung proses regenerasi atlet. "Kontribusi tersebut sangat kritikal dan sangat diperlukan untuk proses regenerasi guna melahirkan talenta-talenta esports baru yang berpotensi untuk menjadi andalan Indonesia dalam meraih prestasi tertinggi di kejuaraan-kejuaraan tingkat internasional di masa mendatang," ujarnya menambahkan.

Senada dengan itu, Rangga Danu Prasetyo selaku Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023 mengatakan jika piala Piala Presiden Esports mengemban misi sebagai panggung untuk pengembangan gim asal Indonesia menunjukkan hasil karyanya. Ia juga menekankan di event ini untuk pertama kalinya jumlah gim lokal lebih banyak dari gim besutan developer mancanegara.

Ia mengaku bangga bisa kembali bekerja sama dengan Lokapala dan Battle of Guardians, sebagai dua gim lokal yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah gim lokal di Piala Presiden Esports lebih banyak dari gim Garapan developer mancanegara. Semoga Piala Presiden Esports bisa menjadi katalis untuk mewujudkan harapan dari pemerintah Indonesia yang ingin membuat gim lokal menjadi raja di pasar gim dalam negeri," kata Rangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement