Senin 30 Oct 2023 00:44 WIB

Manchester City Hancurkan MU di Old Trafford Lewat Aksi Haaland dan Foden

MU sama sekali tak memberikan perlawanan berarti.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Selebrasi pemain Manchester City Erling Haaland.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Selebrasi pemain Manchester City Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Derby Manchester edisi perdana musim ini menjadi milik Manchester City. Datang ke markas Manchester United, Stadion Old Trafford, pada pekan ke-10 Liga Primer Inggris, Manchester City berpesta usai menutup laga dengan kemenangan, 3-0, Senin (30/10/2023) dini hari WIB.

Dua gol Erling Haaland dan satu torehan Phil Foden mewarnai kemenangan City atas rival sekotanya tersebut. Ini menjadi kemenangan kelima City atas United dalam tujuh laga Derby Manchester terakhir di semua ajang, termasuk torehan kemenangan beruntun.

Baca Juga

Tambahan tiga angka di laga ini sekaligus membawa City kembali merangsek ke posisi tiga besar klasemen sementara Liga Primer Inggris. Duduk di peringkat ketiga, City hanya dua poin dari pemuncak klasemen sementara, Tottenham Hotspur, dan hanya kalah jumlah selisih gol dari peringkat kedua, Arsenal.

Sementara buat United, kekalahan sekaligus mengakhiri laju kemenangan di tiga laga di semua ajang sebelumnya. Ini juga menjadi kekalahan keempat United di Stadion Old Trafford dari sembilan laga kandang di semua ajang pada musim ini. 

Kegagalan memetik poin di laga ini juga membuat United tertahan di peringkat kedelapan klasemen sementara Liga Primer Inggris. Setan Merah mengumpulkan 15 poin dari 10 partai dan terpaut tujuh poin dari posisi empat besar klasemen sementara Liga Primer Inggris.

 

Jalannya Pertandingan

Kendati tampil sebagai tim tamu di Stadion Old Trafford, City justru langsung tampil menekan dan terbuka. Juara bertahan Liga Primer Inggris itu terus melancarkan serangan demi serangan untuk bisa membongkar pertahanan United. Variasi serangan diperagakan oleh para penggawa The Citizens.

Di sisi lain, United yang terus mendapatkan tekanan kesulitan untuk mengembangkan permainan. Alhasil, tim besutan Erik ten Hag belum mampu memberikan ancaman ke gawang tim tamu setidaknya hingga pertengahan babak pertama. 

City menjadi tim pertama yang mampu mencatatkan keunggulan di edisi perdana Derby Manchester di Liga Primer Inggris musim ini, tepatnya pada menit ke-26. Erling Haaland membawa City unggul via eksekusi tendangan penalti. Dengan tenang, Haaland menaklukan kiper United, David Onana.

The Citizens mendapatkan hadiah tendangan penalti usai Rasmus Hojlund kedapatan menjatuhkan Rodri dalam duel perebutan bola dalam menyambut sepak pojok. Wasit sempat melakukan review VAR sebelum akhirnya memberikan hadiah buat City.

United sempat memiliki kesempatan membalas pada penghujung babak pertama. Namun, sepakan keras Scott McTominay masih bisa digagalkan via penyelamatan gemilang kiper City, Ederson. Tidak hanya Ederson, Onana juga melakukan penyelatan gemilang saat menghalau tandukan Haaland pada akhir babak pertama. Skor, 1-0, tidak berubah hingga babak pertama usai.

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag, merespon kondisi tertinggal satu gol dengan melakukan pergantian pemain sebelum babak kedua dimulai. Mason Mount masuk menggantikan Sofyan Amrabat. Namun, sebelum langkah ini memberikan dampak pada performa United, City sudah mampu menggandakan keunggulan.

Haaland mencetak gol keduanya di laga ini, kali ini via sundulan. Penyerang asal Norwegia itu merobek gawang United saat babak kedua baru berjalan empat menit. Proses terjadinya gol ini mirip dengan peluang yang didapatkan Haaland pada penghujung babak pertama, yang mampu digagalkan Onana.

Baca juga : Pejuang Hamas dan Tentara Israel Terlibat Pertempuran Sengit di Daratan Gaza

Namun, di kesempatan keduanya, Haaland berhasil memaksimalkan peluang ini. Onana tidak mampu menghalau bola hasil sundulan Haaland, yang diarahkan ke tiang jauh. Keunggulan dua gol tidak lantas membuat City mengendurkan serangan. City justru semakin nyaman dalam melancarkan serangan, meski berstatus sebagai tim tamu.

United seolah tidak berdaya dalam mengimbangi serangan seteru sengitnya tersebut dan belum bisa mengembangkan permainan. Selain peluang Marcus Rashford, yang melebar di sisi kiri gawang City, United terlihat tidak pernah benar-benar mampu mengancam gawang The Citizens.

Gawang United malah kembali kebobolan pada menit ke-80. Phil Foden menyambar umpan tarik Haaland, yang menguasai bola rebound hasil halauan Onana terhadap sepakan Rodri. City pun kian dekat dengan kemenangan ketiga secara beruntun, sedangkan United di ambang akhir dari rentetan kemenangan di tiga laga sebelumnya.

Hingga akhir laga, termasuk empat menit masa injury time, papan skor tidak berubah. The Citizens sekali lagi menegaskan status sebagai penguasa Kota Manchester setelah membungkam rival sekotanya, United, 3-0, di Stadion Old Trafford.

Baca juga : Kalah 0-3 dari Man City, Pelatih MU Erik ten Hag: Ini Pengalaman Terburuk

Susunan Pemain:

Manchester United (4-2-3-1)

Onana (PG); Dalot, Maguire, Evans, Lindelof; Amrabat, McTominay; Fernandes, Eriksen, Rashford; Hojlund

Pelatih: Erik ten Hag

 

 

Manchester City (3-2-4-1)

Ederson (PG); Walker, Dias, Gvardiol; Stones, Rodri; Foden, Alvarez, Bernardo Silva, Grealish; Haaland

Pelatih: Pep Guardiola

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement