Selasa 31 Oct 2023 08:11 WIB

Pengakuan Kemampuan Bellingham Hadir Lewat Penghargaan Kopa Trophy 2023

Bellingham menjadi pemain asal Inggris pertama yang meraih Kopa Trophy.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Real Madrid Jude Bellingham terpilih sebagai peraih penghargaan Kopa Trophy 2023 dalam rangkaian malam penghargaan Ballon d'Or 2023.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Gelandang Real Madrid Jude Bellingham terpilih sebagai peraih penghargaan Kopa Trophy 2023 dalam rangkaian malam penghargaan Ballon d'Or 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PRANCIS -- Jude Bellingham terpilih sebagai peraih penghargaan Kopa Trophy 2023 dalam rangkaian malam penghargaan Ballon d'Or 2023. Bellingham menjadi pemain asal Inggris pertama yang meraih Kopa Trophy atau penghargaan untuk pemain muda di bawah usia 21 tahun terbaik di dunia.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan impresif Bellingham pada sepanjang musim lalu, tepatnya saat masih memperkuat Borussia Dortmund. Gelandang berusia 20 tahun itu tercatat mengemas 14 gol dan tujuh assist dari 42 penampilan di semua ajang pada musim lalu.

Baca Juga

Kendati gagal mempersembahkan trofi buat Dortmund pada musim lalu, Bellingham sukses mengantarkan Die Borussen bersaing dalam perebutan gelar juara Bundesliga Jerman. Dortmund akhirnya harus kembali mengakui keunggulan Bayern Muenchen dan finish sebagai runner-up Bundesliga musim lalu.

Dalam daftar peraih penghargaan Kopa Trophy 2023, Bellingham mengungguli gelandang Bayern Muenchen, Jamal Musiala, dan gelandang Barcelona, Pedri. Sementara Musiala duduk di peringkat kedua, Pedri menempati posisi ketiga dalam daftar peraih penghargaan Kopa Trophy 2023.

Bellingham, yang hijrah ke Real Madrid pada awal musim ini, menerima penghargaan tersebut dalam rangkaian acara penghargaan Ballon d'Or 2023, yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (30/10/2023) waktu setempat.

''Trofi ini sebelumnya diraih oleh berbagai pesepak bola luar biasa. Sebuah kehormatan besar bisa berdiri di depan sejumlah pesepak bola terbaik di dunia. Bisa meraih trofi ini memiliki arti penting buat saya. Namun, hal yang tidak kalah penting adalah raihan trofi buat tim. Saya ingin membantu Real Madrid dan timnas Inggris dalam meraih trofi pada masa mendatang,'' kata Bellingham seperti dilansir BBC, Selasa (31/10/2023).

Kopa Trophy mulai masuk dalam salah satu kategori di Ballon d'Or sejak 2018 silam. Sejumlah nama pemain muda pun sempat meraih trofi tersebut. Kylian Mbappe menjadi peraih edisi pertama Kopa Trophy, kemudian diikuti Matthjis de Ligt, Pedri, Gavi, dan terakhir Bellingham.

Setelah tampil apik bersama Dortmund pada musim lalu, Bellingham pun langsung menunjukan kemampuannya saat membela Real Madrid pada musim ini. Jebolan akademi sepak bola Birmingham City itu menjadi top skorer sementara Los Blancos pada musim ini dengan koleksi 13 gol dan tiga assist dari 13 penampilan di semua ajang pada musim ini.

Apabila mampu tampil konsisten dan bisa mengantarkan Los Blancos meraih trofi bergengsi pada musim ini, bukan tidak mungkin, Bellingham bisa mempertahankan gelar Kopa Trophy pada tahun depan. Terlebih, usia Bellingham baru menginjak umur 20 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement