Senin 06 Nov 2023 06:31 WIB

Kritik Pedas Arteta pada Wasit Seusai Arsenal Alami Kekalahan Kontroversial dari Newcastle

Arteta menyinggung gol kontroversial tuan rumah Newcastle di menit ke-64.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Arsenal meraih hasil negatif saat bertamu ke markas Newcastle United pada pekan ke-11 Liga Primer Inggris musim 2023/2024. The Gunners takluk 0-1 dari Newcastle di Stadion St James Park, Ahad (5/11/2023) dini hari WIB.

Pelatih kubu tamu, Mikel Arteta berekasi. Ia menyinggung gol kontroversial tuan rumah di menit ke-64. Terjadi kemelut, Anthony Gordon merobek jala David Raya.

Baca Juga

Saat itu, Gordon menyambut umpan silang dari sisi kiri penyerangan the Magpies. Bola dinilai sudah keluar sebelum dikirimkan ke kotak penalti Arsenal. Joelinton juga diduga melanggar Gabriel Magalhaes.

Wasit memantau VAR. Setelah berdiskusi dengan rekan-rekannya, sang pengadil mengesahkan gol Gordon. Arteta sulit menerimannya.

"Sangat memalukan, ketika gol itu disahkan. Benar-benar memalukan. Lebih dari satu alasan, itu tidak bisa menjadi gol," kata juru taktik asal Spanyol ini, dikutip dari laman resmi klubnya.

Arteta menceritakan bagaimana semua elemen di Inggris sudah berjuang meningkatkan level Liga Primer. Hasilnya terlihat. Ia sudah berada di Inggris lebih dari 20 tahun.

Kejadian di St James Park, memberi pelajaran nyata. Menurutnya masih banyak hal yang harus dibenah. Ia tak bisa menahan kata-katanya.

"Ini masih jauh dari level untuk menggambarkan liga ini sebagai liga terbaik di dunia. Saya minta maaf," ujar Arteta.

Arsenal merasakan dua kekalahan beruntun. Sebelumnya the Gunners tumbang di markas West Ham United. Saat itu kedua tim bertemu di Carabao Cup (Piala Liga).

Lepaskan ketegangan di ranah domestik. Setelah ini anak asuh Arteta mentas di Eropa. Kubu London Utara akan bertemu Sevilla pada matchday keempat Grup B Liga Champions.

Arsenal bertindak sebagai tuan rumah. Duel tersebut berlangsung di Stadion Emirates, Kamis (9/11/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement