Rabu 15 Nov 2023 01:14 WIB

Diego Simeone Akui Menyukai Poles Tim dengan Pertahanan Solid

Gaya bermain yang diterapkan Simeone paling efektif untuk para pemain Atletico.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.
Foto: EPA-EFE/David Borrat
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Diego Simeone mendapatkan banyak kritik di masa lalu karena gaya dan sifat defensifnya dalam melatih Atletico Madrid. Gaya tersebut berbanding terbalik dengan gaya permainan yang ditunjukkan tim-tim Liga Inggris.

Simeone pun yakin akan menang jika menjadi pelatih di Liga Inggris. Ia menyukai memoles tim dengan pertahanan yang solid. Ia pun telah menyaksikan gaya permainannya berbanding terbalik dengan tim-tim Liga Inggris. Menurutnya gaya bermain yang diterapkan adalah metode paling efektif untuk para pemainnya.

Baca Juga

“Jika Anda bertanya, saya suka bertahan dengan baik. Anda menonton sepak bola Inggris dan hanya ada 4-4, 6-3… Tapi tidak ada yang bertahan. Saya menontonnya dan saya pikir tidak ada yang membela. Dan saya pikir jika saya bisa melakukannya, dan bisa lebih dekat dengan mereka dalam menyerang, saya bisa menjadi juara. Barcelona menjadi juara tahun lalu karena pertahanannya yang kokoh," ujar Simeone, dilansir dari Football Espana, Selasa (14/11/2023).

Namun pelatih asal Argentina itu mulai membuka diri terhadap gaya permainan yang terbuka dalam beberapa musim terakhir. Meskipun Simeone mencatat masih banyak menggunakan cara bermain yang sama yakni pertahanan solid.

Simeone mengungkapkan bagaimana nyamannya bermain dengan pertahanan solid. Seperti di River Plate bermain dengan formasi 5-3-2. Namun, lanjut dia, yang paling penting adalah membuat pemain tampil dengan nyaman.

Simeone dinilai sebagai seorang pelatih yang lebih terstruktur seperti halnya Pep Guardiola, meski dengan cara yang berbeda. Namun terbukti gaya permainan Atletico sangat sulit ditembus oleh tim-tim La Liga Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 5 5 0 0 17 13 15
2 Atletico Madrid Atletico Madrid 5 3 2 0 9 7 11
3 Real Madrid Real Madrid 5 3 2 0 9 7 11
4 Villarreal Villarreal 5 3 2 0 11 3 11
5 Celta Vigo Celta Vigo 5 3 0 2 13 3 9
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement