Rabu 15 Nov 2023 05:10 WIB

Napoli Pecat Rudi Garcia, Rekrut Kembali Walter Mazzarri Sebagai Pelatih

Mazzarri sebelumnya melatih Napoli dari 2009 sampai 2013.

Rep: Rahmat Fajar/Reja Irfa Widodo / Red: Israr Itah
Pelatih baru Napoli Walter Mazzarri yang akan menggantikan Rudi Garcia. Mazzzarri sebelumnya pernah menangani NApoli dari 2009 sampai 2013.
Foto: Reuters
Pelatih baru Napoli Walter Mazzarri yang akan menggantikan Rudi Garcia. Mazzzarri sebelumnya pernah menangani NApoli dari 2009 sampai 2013.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara bertaham Serie A Napoli memecat Rudi Garcia dari jabatannya sebagai pelatih. Napoli kemudian menunjuk Walter MazzaRri sebagai penggantinya. Mazzarri bukan sosok yang asing bagi fan Napoli karena dia sebelumnya pernah menjadi pelatih Partenopei pada 2009 hingga 2013.

Garcia sebelumnya ditunjuk menggantikan Luciano Spalletti yang mengundurkan diri setelah mempersembahkan Scudetto. Dua pertandingan pembuka Garcia sebagai pelatih Partenopei berakhir dengan kemenangan atas Frosinone dan Sassuolo. Namun perlahan mereka mengalami penurunan.

Baca Juga

Dari 12 pertandingan pembukaan Serie A musim ini, Napoli hanya meraih enam kemenangan, tiga kali seri dan tiga kekalahan. Terakhir Napoli menderita kekalahan kandang 1-0 dari Empoli akhir pekan kemarin. Hasil tersebut membuat Napoli berada di urutan keempat klasemen dengan 21 poin.

Selain itu, Napoli terancam gugur di fase grup Liga Champions meski meraih tujuh poin dari empat pertandingan. Mereka duduk di urutan kedua Grup C di belakang Real Madrid yang sudah memastikan lolos ke babak berikutnya.

Dilansir dari Sportsmole, Selasa (14/11/2023), Garcia pergi dengan tingkat kemenangan 50 persen dari 16 pertandingannya sebagai pelatih. 

Napoli dilaporkan mulai mencari penggantinya beberapa waktu lalu. Antonio Conte rupanya menolak kesempatan untuk menggantikannya. Sementara Igor Tudor dan kapten pemenang Piala Dunia 2006 Fabio Cannavaro juga dikaitkan dengan peran tersebut.

Namun, juara Serie A tersebut memilih untuk membawa kembali Mazzarri yang berusia 62 tahun untuk kedua kalinya sebagai pelatih. 

''Napoli memutuskan untuk memindahkan Rudi Garcia dari perannya sebagai pelatih kepala. Kami ingin berterima kasih dengan dirinya dan seluruh staff pelatih atas kerjasama selama ini,'' tulis pernyataan resmi Napoli seperti dilansir Football Italia, Selasa (14/11/2023).

Pengumuman kembalinya Mazzarri ke Napoli awalnya datang dari pemilik klub Aurelio De Laurentiis. Pengusaha industri film itu mencuit “Selamat datang kembali Walter,” setelah Napoli mengonfirmasi pemecatan Garcia.

Mazzarri menghabiskan waktu kurang dari empat tahun melatih Napoli. Ia membawa klub tersebut ke babak 16 besar Liga Champions 2011/2012 dan kalah dari Chelsea. Namun dia memenangkan Coppa Italia pada tahun yang sama.

Mazzarri meninggalkan jabatannya pada akhir musim 2012/2013 dengan rekor 73 kemenangan dari 145 pertandingan Serie A. Sejak meninggalkan Napoli untuk pertama kalinya, Mazzarri menjabat sebagai pelatih Inter Milan, Watford, Torino dan Cagliari.

Mazzarri dilaporkan menandatangani kontrak berdurasi tujuh bulan dan akan memulai tugas keduanya sebagai pelatih Napoli dengan perjalanan ke Atalanta pada 25 November setelah jeda internasional.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement