Rabu 15 Nov 2023 13:13 WIB

Timnas Brasil U-17 Bawa Koki Sendiri Dalam Rombongan ke Indonesia

Sebagai juara bertahan, armada Selecao termasuk unggulan teratas.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Brazil Joao Victor (tengah) berusaha menendang bola ke arah gawang Timnas Kaledonia Baru dalam pertandingan babak penyisihan Grup C Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Selasa (14/11/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pesepak bola Timnas Brazil Joao Victor (tengah) berusaha menendang bola ke arah gawang Timnas Kaledonia Baru dalam pertandingan babak penyisihan Grup C Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pamor tim nasional Brasil di berbagai turnamen selalu mengkilap. Tak terkecuali di Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Sebagai juara bertahan, armada Selecao termasuk unggulan teratas. Sempat terjadi kejutan. Skuad polesan Phelipe Leal mengalami kekalahan pada laga perdana di Grup C. 

Baca Juga

Vitor Reis dan rekan-rekan takluk 2-3 dari Iran. Namun setelahnya, Raksasa Amerika Selatan ini menggila. Pada laga kedua, Brasil unggul 9-0 atas Kaledonia Baru di Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (14/11/2023) petang WIB. 

Terlihat armada Selecao konsisten melakukan tekanan tinggi. Nyaris semua yang diturunkan menunjukkan energi luar biasa. Apa rahasianya?

"Persiapan untuk menjaga stamina pemain. Jam tidurnya, menu makanannya. Oleh karena itu kami bawa langsung chef dari Brasil, supaya tidak ada alasan untuk makanan ini, makanan itu. Itu kan mereka sudah cukup bagus (panitia). Fasilitas yang diberikan juga, fasilitas yang cukup baik," kata Phelipe, melalui penerjemahnya, saat ditemui di mixed zone.

Selebihnya ia bersyukur atas hasil ini. Ia tidak terfokus pada kemenangan besar mereka. Terpenting tiga poin bisa diraih.

Menurutnya, hasil demikian menghadirkan kelegaan. Masih panjang perjalanan. Setelah ini, Brasil akan menghadapi Inggris di partai ketiga Grup C.

"Saatnya kita nikmati kemenangan hari ini, dan nantinya kami akan mulai mengatur untuk pertandingan berikutnya," ujar Phelipe.

Artinya, sejenak ia belum memikirkan bagaimana pendekatan yang akan dipakai mereka kontra the Young Lions. Menurutnya terpenting anak asuhnya dalam kondisi bugar. Tak ada permasalahan yang dialami.

Ia berharap laga berjalan seru. Bukan hanya untuk mereka. Lebih dari itu, bisa menghibur semua yang menyaksikan.

"Semua pemain kami dalam kondisi baik, setelah pertandingan, tidak ada yang cedera. Mudah-mudahan akan menjadi partai yang cukup baik (lawan Inggris), cukup seru. Bukan hanya buat tim Brasil, tapi juga buat masyarakat yang nonton, dan kami bisa raih kemenangan," tutur Phelipe.

Duel Brasil versus Inggris berlangsung pada akhir pekan ini. Tepatnya di JIS, Jumat (19/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement