Rabu 15 Nov 2023 21:20 WIB

Bekap Selandia Baru 3-1, Jerman Amankan Tiket ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Jerman hanya membutuhkan tambahan satu poin untuk bisa melaju sebagai juara Grup F.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Timnas Jerman menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan babak penyisihan Grup F Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pemain Timnas Jerman menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan babak penyisihan Grup F Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jerman memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 usai menundukkan Selandia Baru, 3-1, di laga kedua penyisihan Grup F, Rabu (15/11/2023) malam WIB. Tambahan tiga angka dari laga di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, ini membawa Jerman memimpin klasemen sementara Grup F.

Jerman mengemas poin sempurna, enam poin, dari dua laga. Juara Piala Eropa U-17 2023 itu sudah mengantongi keunggulan dua poin dari Venezuela, yang duduk di peringkat kedua, dan lima poin dari Meksiko, yang bertengger di posisi ketiga.

Baca Juga

Sementara, kekalahan ini membuat Selandia Baru terpuruk di dasar klasemen sementara tanpa bisa meraih satu poin pun. Dengan keunggulan poin dan tinggal menyisakan satu partai di babak penyisihan Grup F, Jerman dipastikan finish di dua teratas klasemen akhir Grup F dan lolos langsung ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Di laga terakhir penyisihan Grup F kontra Venezuela, Sabtu (18/11/2023) sore WIB, Jerman hanya membutuhkan tambahan satu poin untuk bisa melaju sebagai juara Grup F. Dengan begitu, Jerman bisa menghindari lawan yang relatif berat di babak selanjutnya.

 

Di sisi lain, Meksiko mesti bisa memetik poin penuh di laga kontra Selandia Baru sembari berharap Venezuela gagal memetik poin di laga menghadapi Jerman untuk menjaga asal lolos langsung ke fase selanjutnya.

Jalannya Laga

Jerman langsung mampu mengendalikan permainan begitu laga dimulai. Serangan demi serangan terus dilancarkan para penggawa Jerman. Maklum, kemenangan di laga ini akan membawa Jerman merebut posisi puncak klasemen sementara Grup F.

Namun, lini belakang Selandia Baru terbukti mampu tampil cukup solid dan disiplin dalam menjaga area pertahanan. Tim besutan Martin Bullock itu sesekali mengancam gawang Jerman via serangan balik cepat.

Selain performa solid lini belakang, performa penjaga gawang Matt Foord di bawah mistar Selandia Baru terbilang cukup apik. Foord berhasil menghalau sepakan dari dalam kotak penalti menyusul sebuah umpan tarik dari sisi kanan pertahanan.

Mendominasi permainan, Jerman tercatat 15 kali mengancam gawang Selandia Baru, termasuk tiga tembakan tepat ke arah gawah. Jerman setidaknya mendapatkan dua peluang emas hingga babak pertama memasuki lima menit terakhir laga, yaitu via tendangan bebas Noah Darvich dan sundulan Paris Brunner.

Namun, sepakan tendangan bebas Darvich dari luar kotak penalti masih membentur tiang gawang, sedangkan tandungan Brunner membentur mistar gawang. Brunner akhirnya benar-benar mencetak gol di laga ini, tepatnya pada menit ke-47.

Bruner sempat menyambar umpan tarik yang dilepaskan dari sisi kiri, tapi bola hasil sepakan Brunner itu masih bisa dihalau Foord. Bola hasil halauan itu langsung disambar Brunner dengan sundulan. Gol penggawa tim junior Borrusia Dortmund itu menjadi satu-satunya gol pada babak pertama laga ini.

Jerman melanjutkan dominasi pada babak kedua. Dengan skema yang sama seperti pada babak pertama, tim besutan Christian Wueck itu membongkar pertahanan Selandia Baru. Hasilnya, pada menit ke-60, Max Moerstedt menggandakan keunggulan Jerman.

Gol Moerstedt itu berawal dari aksi Darvich menembus pertahanan Selandia Baru dari sisi kanan. Darvich sempat melepaskan umpan tarik dari sudut sempit, yang akhirnya diarahkan dengan mudah oleh Moerstedt ke gawang juara Piala OFC U-17 2023 tersebut.

Bilal Yalcinkaya, yang masuk sebagai pemain pengganti, tidak mau ketinggalan merobek gawang Selandia Baru. Yalcinkaya menyambar bola hasil tendangan salah satu rekan setimnya yang sempat menerpa mistar gawang. Jerman, yang datang dengan status sebagai kampiun Piala Eropa U-17 2023 itu, sudah unggul tiga gol saat laga menginjak menit ke-81.

Selandia Baru bisa membalas saat laga memasuki menit ke-90. Adam Watson sukses mengeksekusi tendangan penalti. Selandia Baru mendapatkan hadiah tendangan penalti usai Almugera Kabar melakukan pelanggaran terhadap penyerang Selandia Baru. Gol itu sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini.

Susunan Pemain:

Selandia Baru (3-4-3)

Matt Foord (PG); Luka Coveny, Dylan Gardner, Noah Dupont; Marley Leuluai, Nicholas Murphy, Athan Thompson, Luke Mitchell; Stipe Ukich, Adam Watson, Luke Supyk.

Pelatih:

Martin Bullock

Jerman (4-3-3)

Max Schmitt (PG); Finn Jeltsch, Maxim Dal, Maximilian Hennig, Juston van der Hitz; Faysal Harchaoui, Noah Darvich, Assan Ouedraogo; Paris Brunner, Max Moerstedt, Charles Herrmann.

Pelatih:

Christian Wueck.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement